Longsor Tutupi Jalan Lintas Curup-Lebong, BPBD: Waspada Longsor Susulan

Longsor Tutupi Jalan Lintas Curup-Lebong, BPBD: Waspada Longsor Susulan

Ist/CE Longsor yang terjadi di Kawasan Rimbo Pengadang--

LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Hujan deras yang terus menguyuri sebagian besar wilayah Kabupaten Lebong sejak beberapa hari lalu, telah membuat tebing yang berada ditepi jalan lintas Curup-Lebong tepatnya berada di Kecamatan Rimbo Pengadang longsor.

Meski tidak sampai memakan korban jiwa peristiwa yang terjadi pada Kamis, 1 September sekira pukul 21.00 WIB, sempat menghambat arus lalu lintas dari dua arah.

Untung kesigapan BPBD Lebong dibantu TNI/Polri dan masyarakat sekitar, ruas jalan itu bisa kembali dilalui setelah lebih 30 menit dilakukan pembersihan dan evakuasi material longsoran.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Lebong, Hendra Surya, yang dikonfirmasi membenarkan adanya kejadian tersebut.

BACA JUGA:Buron Satu Tahun, Pelaku Pencabulan Diringkus

BACA JUGA:Pasca Dikunjungi Sandiaga Uno, Wisatawan Desa Belirang Meningkat 40 Persen

Dan Hendra meminta, masyarakat yang berada diwilayah rawan terjadinya bencana alam seperti longsor dan banjir untuk dapat meningkatka kewaspadaan dini.

Hal ini mengingat curah hujan yang terjadi masih cukup tinggi dan sangat memungkinkan tejadinya longsor susulan.

"Kawasan Rimbo Pengadang tepatnya di bawah Koramil 409-08 Rimbo Pengadang malam tadi (kemarin, red) sekiranya pukul 21.00 WIB telah terjadi longsor,  akibatnya arus lalu lintas kendaraan sempat lumpuh total hingga 30 menit," kata Kabid.

BACA JUGA:18 Randis 'Bekas' Dilelang Pekan Depan

BACA JUGA:Dugaan Penggelapan Anggaran Seragam SDN 6, Penyidik Panggil Mantan Kepsek

Diakui Hendra, material lonsoran yang sempat menutupi seluruh badan jalan dilokasi longsor, berupa material tanah. Hanya saja bisa dengan cepat dilakukan evakuasi oleh warga dibantu TNI/Polri serta personil BPBD Lebong.

"Atas kejadian ini beruntung tidak ada korban jiwa, longsor itu hanya sempat mengganggu pengguna jalan, namun saat ini jalur sudah bisa di lalui," sampainya.

Dengan demikian dirinya mengingatkan,  masyarakat untuk lebih mewaspadai lagi kemungkinan adanya longsor susulan, mengingat curah hujan di perkirakan masih akan berlangsung hingga sabtu (hari ini, red).

"Terutama masyarakat yang berada di kawasan Rimbo Pengadang, diminta untuk tetap waspada, karena lokasi itu sudah menjadi langganan bencana longsor terutama saat curah hujan sudah mulai tinggi," singkatnya. 

Sumber: