Pemilihan Pengurus IPM SMP Kreatif Aisyiyah, Wacanakan Undang Komisioner KPU RL

Pemilihan Pengurus IPM SMP Kreatif Aisyiyah, Wacanakan Undang Komisioner KPU RL

Aziz Ahmad /CE Aktivitas SMP Kreatif Aisyiyah--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kreatif Aisyiyah Curup yang akan dilaksanakan pemilihan ketua dan wakil Ikatan pelajar Muhammadiyah (IPM) di sekolahnya.

kegiatan tersebut akan dilaksanakannya  pada 11 sampai 14 Oktober mendatang setelah usai pelaksanaan penilaian tengah semester (PTS).

Menariknya pada acara tersebut nantinya pihak sekolah akan melibatkan pihak KPU Rejang Lebong (RL) untuk memberikan materi kepada siswanya mengenai suara Demokrasi yang memang merupakan salah satu proyek penguatan profil pelajar pancasila di sekolahnya yang merupakan sekolah penggerak yang menerapkan kurikulum merdeka Sebagai kurikulum pembelajarannya. Hal ini disampaikan Kepala SMP kreatif Aisyiyah Curup, Yuliana S Hut.

BACA JUGA:Yudisium Mahasiswa Tarbiyah 25 Oktober

BACA JUGA:Soal Tawuran Pelajar, Cabdin Minta Sekolah Pembinaan Khusus

"Insyaallah setelah pelaksanaan sumatif tengah semester, sekolah kami akan memilih ketua dan wakil ketua IPM yang baru untuk menggantikan kepengurusan yang lama karena sudah habis masa kerjanya," ujar Kepsek.

Dikatakannya bahwa pemilihan IPM tersebut akan dilaksanakan oleh pihaknya  dengan sistem demokrasi, seperti yang diterapkan oleh pihak KPU yang menerapkan pemilihan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil (Luber Jurdil)

"Dalam pemilihan tersebut, kami akan membentuk tim panitia pemilihan yang merupakan pengurus IPM yang lama, dan kami juga akan menyiapkan TPS, Kotak Suara, Surat Suara," jelasnya.

Sambung kepsek pada kontes tersebut nantinya pihaknya juga akan menetapkan masa pendaftaran paslon, masa kampanye, masa debat kandidat, dan juga masa pemilihan.

BACA JUGA:Bahas Raperda, Pansus III Libatkan Tenaga Akademis

BACA JUGA:Ketuk Palu APBD Perubahan

"Untuk saat ini proses pemilihan tersebut, baru berada di tahapan sosialisasi di setiap kelas, yang nantinya akan diprioritaskan paslon tersebut merupakan perwakilan dari kelas VII dan kelas VIII," terangnya.

Lanjut Kepsek, dengan proses pemilihan tersebut yang dilaksanakan secara demokratis dan juga pihaknya mengundang pihak komisioner KPU RL, diharapkan bisa memberikan pembelajaran dan pemahaman bagi seluruh siswanya mengenai sistem pemilihan yang baik dan benar, dan juga memberikan motivasi kepada seluruh siswanya.

"Harapan kami dengan dilaksanakan kegiatan tersebut nantinya siswa bisa memahami dan mengambil pembelajaran dari sistem pemilihan tersebut," pungkasnya. 

 

Sumber: