1 JPTP Belum Dilantik Bupati: Masih Menunggu Rekomendasi Dirjen Dukcapil

1 JPTP Belum Dilantik  Bupati:  Masih Menunggu Rekomendasi Dirjen Dukcapil

Dok/CE 17 pejabat eselon II yang di Lantik Bupati Kopli Ansori, Kamis (3/11) lalu--

LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong, baru saja selesai melakukan pelaksanaan seleksi lelang terbuka untuk mengisi sebanyak 18 Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP).

Bahkan Bupati Lebong, Kopli Ansori, sendiri sudah melantik 17 pejabat dari 18 jabatan yang dilelang.

Dan meninggalkan untuk melantik 1 jabatan, yaitu jabatan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil).

Kenapa demikian ? Bupati Lebong, Kopli Ansori yang dikonfirmasi wartawan koran ini mengakui, belum dilantiknya 1 jabatan hasil lelang JPTP yang sudah dilakukan beberapa waktu lalu, khususnya pejabat yang akan menduduki jabatan sebagai Kadis Dukcapil tersebut, lantaran belum adanya rekomendasi dari Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri)

BACA JUGA:  Akhirnya !! Keinginan Masyarakat Miliki Jalan Baru Terwujud Melalui TMMD

BACA JUGA: Targetkan Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman

"Rekom dari Dirjen Dukcapil belum keluar, karena khusus untuk Dukcapil memang harus ada persetujuan dari Kemendargi" katanya.

Menurut bupati, untuk proses seleksi jabatan Kadis Dukcapil pun berbedah dengan seleksi pimpinan OPD lainnya.

Karena karus melibatkan pihak dari Kemendagri dalam hal ini Dirjen Dukcapil.

"Kalau rekomnya sudah ada segera akan kita lantik," ucap bupati.

BACA JUGA: Hari Ini, Roadshow CE di Selupu Rejang

BACA JUGA: Regsosek Sudah Berjalan 50 Persen Lebih

Kendati demikian, dia memastikan seleksi yang dilakukan untuk mengisi jabatan  18 pimpinan OPD di Kabupaten Lebong, yang sudah dilakukan pihaknya,  sudah sesuai prosedur dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Nomor 15 tahun 2019, tentang tentang tata cara pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) secara terbuka dilingkungan instansi pemerintah.

"Dasar kita melantik hasil lelang JPT karena rekomendasi dari KASN yang menjadi acuannya telah keluar. Kemudian di tindaklanjuti oleh surat keputusan Bupati Lebong dengan nomor 395 tahun 2022, tentang pengangkatan JPTP di Lingkup Pemkab Lebong yang ditetapkan pada tanggal 30 Oktober lalu," sampainya.

Sementara itu, Kabid PKA BKPSDM Lebong, Wince Damayanti SKom mengatakan, masih menunggu hasil penilai atau rekomendasi atas usulan panitia seleksi (Pansel) JPTP ke Ditjen Dukcapil terkait peserta yang dianggap mampu memimpin Disdukcapil kedepannya.

"Berdasarkan hasil seleksi, sudah ada tiga nama yang diusulkan. Terkait siapa nama-nama yang di putuskan menjadi kepala dinas itu balik lagi tergantung dengan keputusan dari Dirjen, apakah pihak dirjen merekomkan tiga nama sekaligus atau langsung menunjuk satu nama dari pejabat tersebut. Namun jika dirjen merekom tiga nama atau dua nama otomatis penunjukan kepala dinas kembali ke PPK atau bupati," jelas Wince.

BACA JUGA: Serapan DAK Fisik 72 Persen

BACA JUGA: Baru 35 Desa Ajukan Pemberkasan DD/ADD Bobby: Bulan Ini Pengajuan Berkas Selesai

Meski masih menunggu, lanjut Wince memastikan kepala dinas terpilih nantinya adalah mereka yang benar memiliki kapasitas dan kemampuan menjadi seorang leader dilingkupnya.

Pasalnya, mereka dihasilkan melalui seleksi yang ketat.

Baik seleksi di tingkat daerah maupun di tingkat pusat.

Sumber: