Dimulai Tahun Depan, Tahap 2 Tol Taba Penanjung-Kepahiang

Dimulai Tahun Depan, Tahap 2 Tol Taba Penanjung-Kepahiang

IST/CE Foto Source on Youtube Infrastruktur Indonesia--

BENGKULU, CURUPEKSPRESS.COM - Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah menyebutkan, pembangunan jalan tol tahap 2 yang menyambungkan Bengkulu Tengah ke Kabupaten Kepahiang, akan mulai dikerjakan pada tahun 2023 mendatang.

Ini disampaikan gubernur, dilihat dari anggaran pembangunan jalan tol  dengan panjang 23 kilometer mencapai Rp 18,7 triliun.

Disampaikannya, anggaran pembangunan tersebut telah masuk dalam Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) 2023.

"Anggaran pembangunan tol Bengkulu tahap kedua telah masuk dalam RAPBN dan Kementerian PUPR juga telah menyetujui pembangunan tol tersebut," kata Rohidin.

BACA JUGA:Minat Nikah di Lebong Menurun

BACA JUGA:Gawat.. !! 2 Warga Lebong Meninggal Akibat BDB

Ia menegaskan, pembangunan tol Bengkulu bersifat mandatori atau penugasan sehingga infrastruktur pembangunan tersebut tidak dilakukan secara maksimal.

Pembangunan tol yang tidak maksimal tersebut dikarenakan pengguna jalan tol masih sedikit, selain itu pembangunan jalan tol dilakukan untuk membuka keterisolasian wilayah. 

Kemudian untuk menjadi aspek pengamanan sebab tingkat kecelakaan masyarakat saat melintasi gunung cukup tinggi dan memperpendek akses dan merendahkan biaya transportasi.

"Bukan soal layak atau tidak layak, jika masih ada yang mempertanyakan kelayakan tol Bengkulu tidak usah dibicarakan sebab memang tidak layak," ujarnya.

BACA JUGA:Peringati Hari Kesehatan Nasional, Ratusan ASN Ikuti Senam Massal

BACA JUGA:Selasa, Gerhana Bulan Total

Diketahui, total anggaran APBN untuk pembangunan tol Bengkulu mencapai Rp 34 triliun, pada tahap pertama sekitar Rp 5,8 miliar dengan panjang 17,8 kilometer.

Sementara itu, terkait pengoperasian jalan tol Bengkulu tahap pertama yaitu Bengkulu - Taba Penanjung hingga saat ini masih menunggu jadwal dari Presiden RI untuk meresmikan jalan tol tersebut. (**)

Sumber: