Selasa, Gerhana Bulan Total

Selasa, Gerhana Bulan Total

ILUSTRASI/NET--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Provinsi Bengkulu menginformasikan bahwa, pada Selasa 8 November besok akan terjadi gerhana bulan total.

Disampaikan PMG Pertama Stasiun Geofisika, Marsellei Justia, gerhana bulan total (GBT) yang akan terjadi pada 8 November 2022 diperkirakan terjadi pukul 17.59.11 WIB.

Gerhana bulan total ini terjadi mulai pukul 15.00.38 WIB dan berakhir pukul 20.57.43 WIB.

"GBT 8 November 2022 ini dapat disaksikan di beberapa wilayah, termasuk di Indonesia," katanya.

BACA JUGA:Akan Kunjungi Kepahiang, Anang dan Ashanty Bermalam di Kabawetan

BACA JUGA:Periode Dihapus, Honorarium Naik

Lebih jauh Marsellei menerangkan, gerhana bulan merupakan peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan.

Peristiwa ini terjadi akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan dan hanya terjadi pada saat fase purnama.

"Peristiwa ini dapat diprediksi dengan memperhatikan pergerakan bulan," ucapnya.

Dijelaskannya, GBT yang akan terjadi pada 8 November tersebut akibatnya saat puncak gerhana terjadi, Bulan akan terlihat berwarna merah.

BACA JUGA:Yayasan Al Islah, 760 Siswa Ikuti Manasik Haji

BACA JUGA:Puncak HGN Wilayah UPT PUT, Diperingati 23 November Mendatang

Adapun dampak dari GBT itu, sebut Marsellei, yakni pasang naik air laut yang akan lebih tinggi dibanding hari biasanya.

Namun masyarakat yang bermukim atau bertempat tinggal di wilayah pesisir tidak perlu khawatir atau panik, karena kondisi tersebut normal adanya.

"Kemudian hal serupa juga terjadi tidak hanya saat GBT saja, tapi juga terjadi pada fase bulan baru akibat terpengaruh oleh gravitasi bulan," jelasnya.

Pada tahun 2022 sendiri terjadi 4 kali gerhana, yaitu 2 kali gerhana Matahari dan 2 kali gerhana Bulan. Dengan gerhana terakhir di tahun 2022 akan terjadi pada 8 November ini.

BACA JUGA:Peringati HGN ke-77, PGRI RL Agendakan Rangkaian Lomba

BACA JUGA:Lolos 3 Besar, Asisten III Optimis Jabat Sekda Benteng

Adapun gerhana yang terjadi sepanjang 2022 ini antara lain gerhana matahari sebagian (GMS) pada 30 April 2022 yang tidak dapat diamati dari Indonesia, gerhana bulan total (GBT) pada 16 Mei 2022 yang tidak dapat diamati dari Indonesia, gerhana matahari sebagian (GMS) pada 25 Oktober 2022 yang tidak dapat diamati dari Indonesia dan gerhana bulan total (GBT) yang akan terjadi pada 8 November 2022 ini. 

Sumber: