BLT BBM Batal Disalurkan?

BLT BBM Batal Disalurkan?

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Kepahiang, Jan Jonhanes Dalos SSos.--

KEPAHIANG, CURUPEKSPRESS.COM - Masyarakat pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang sebelumnya telah didaftarkan sebagai calon penerima bantuan langsung tunai (BLT) subsidi kenaikan bahan bakar minyak (BBM) yang bersumber dari APBD Kepahiang diminta bersabar terlebih dahulu.

Pasalnya,rencana pencairan bantuan sebesar Rp 150 ribu/perbulan tersebut, yang dijadwalkan akan dilakukan pada November ini, batal dilaksanakan karena adanya data calon penerima yang masih harus dilakukan perbaikan.

"Memang rencananya November ini, bahkan data calon penerima sudah seluruhnya sudah kami serahkan kepada pihak Bank penyalur untuk dibukakan rekening tabungan. Tapi karena ada beberapa data yang invalid, sehingga belum bisa untuk disalurkan, karena kami masih harus memperbaiki data tersebut," kata Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Kepahiang, Jan Jonhanes Dalos SSos.

BACA JUGA:Raih Predikat Opini WTP BPK RI, Bupati Terima Penghargaan dari Kemenkeu

BACA JUGA:Perbankan Diminta Permudah Pengajuan Kredit Permodalan UMKM

Sambungnya, temuan data invalid yang membuat rencana tersebut batal dilakukan, terkait dengan data nomor induk kependudukan (NIK) calon penerima. Yang mana temuan tersebut saat ini tengah dilakukan koordinasi pihaknya dengan Disdukcapil Kepahiang.

"Tapi tidak banyak dari 3000-an data calon penerima itu ada belasan saja yang NIK nya terbaca Invalid, mudah-mudahan dalam waktu dekat ini sudah bisa kami lakukan perbaikan," ujarnya.

Meski demikian, tambah Dalos, pihaknya tetap belum bisa untuk menyalurkan bantuan tersebut dalam waktu dekat ini. Dan memilih untuk menyalurkan bantuan tersebut pada Desember mendatang.

"Kami rasa biar sekalian saja bisa kita salurkan untuk 3 bulan, karena kalau sekarang juga disalurkan cukup tanggung hanya untuk dua bulan. Kalau Desember nanti, pas 3 bulan," singkatnya. 

Sumber: