Perbankan Diminta Permudah Pengajuan Kredit Permodalan UMKM

Perbankan Diminta Permudah Pengajuan Kredit Permodalan UMKM

Adit/CE Bupati menghadiri Coffee Morning silaturahmi pelaku usaha dan pendampingan koordinasi percepatan kemitraan usaha.--

LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Bupati Lebong, Kopli Ansori, meminta peran bank yang beroperasi di wilayah Bumi Swarang Patang Stumang dapat membantu pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terutama dalam hal permodalan.

Hal ini dilakukan untuk mendorong pemulihan ekonomi di wilayah tersebut.

"Saya meminta perbankan yang ada di daerah ini, agar dapat membantu para UMKM, karena peran serta perbankan dalam pemulihan ekonomi sangat diperlukan terutama dalam permodalan," Kata Bupati saat menghadiri Coffee Morning silaturahmi pelaku usaha dan pendampingan koordinasi percepatan kemitraan usaha yang diadakan  di Aula Hotel Asri Kabupaten Lebong, Kamis 10 November 2022.

Menurut Bupati, kurang lebih ratusan UMKM di wilayah tersebut mestinya menjadi perhatian oleh pihak perbankan, karena kalau hanya dibebankan ke pemerintah akan berat, maka diharapkan permodalan dari pihak bank bisa lebih dipermudah terutama dalam proses pencairan bagi mereka yang menjalankan UMKM.

BACA JUGA:Ketua DPRD RL Support Penuh, Roadshow Mewarnai CE Kegiatan Positif!

BACA JUGA:Asik.. APBD-P Rejang Lebong Sudah Bisa Cair

"Permasalahan usaha di masyarakat Lebong yang banyak terjadi adalah permodalan dan masih banyak masyarakat yang belum mengetahui aturan bank, sehingga peran kita inilah yang memfasilitasi mereka dengan pihak Bank dengan tujuan optimalisasi peran perbankan kepada masyarakat," ucap Kopli.

Lanjut Kopli, selain permodalan yang menjadi permasalahan bagi pelaku UMKM, kebanyakan juga masih minimnya pemahaman mereka dalam pengurusan dokumen untuk mendaftarkan usahanya terdaftar secara legal atau resmi.

"Karena banyak sekali pelaku usaha kecil di wilayah kita (Lebong ,red) ini yang memiliki peluang akan tetapi tidak memahami perdokumenan untuk membuka usaha yang terdaftar. Sedangkan syarat permodalan itu usahanya harus resmi," ungkapnya.

BACA JUGA:Pemkab RL Kembali Umroh kan 50 Warga

BACA JUGA:Tutup Kegiatan TMMD Kodim 0409 RL, Danrem Harap TMMD Berdampak Luas Kepada Masyarakat

Dengan adanya kegiatan silaturahmi dengan pelaku UMKM tersebut diharapkan ini menjadi langkah awal bagi Pemda dan dunia perbankan untuk saling berkoordinasi dan saling bersinergi. Sehingga kedepan perekonomian di sektor UMKM itu dapat meningkat.

"Apabila ini diterapkan saya yakin usaha yang dirintis oleh para pelaku UMKM dapat kembali bangkit dan mampu memulihkan perekonomian Lebong kedepan," singkatnya. 

Sumber: