Capaian PAD Tak Sampai Target, OPD Diminta Lakukan Pembenahan Untuk Tahun 2023

Capaian PAD Tak Sampai Target, OPD Diminta Lakukan Pembenahan Untuk Tahun 2023

==Yusran Fauzi ST==--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Berkenaan dengan capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Rejang Lebong Tahun 2022 yang saat ini masih cukup jauh dari yang sudah ditargetkan.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong meminta, agar masing-masing OPD di Rejang Lebong mulai melakukan evaluasi dan pembenahan untuk memaksimalkan proses penagihan dan pengelolaan PAD di Tahun 2023 mendatang.

Disampaikan Sekda Rejang Lebong Yusran Fauzi ST, jika capaian PAD pada setiap OPD merupakan salah satu tolak ukur Pemkab terhadap APBD kepada masing-masing OPD.

Karena jika Pemkab hanya memberikan anggaran tetapi PAD yang diberikan OPD tidak sampai target. Maka bisa dikatakan pengelolaan di OPD tersebut tidak dalam keadaan baik.

BACA JUGA:KPU RL Gelar Uji Publik Dapil Pemilu

BACA JUGA:Seragam Gratis Diserahkan Bupati, Dikbud Gelar Acara Simbolis

Sehingga perlu dilakukan evaluasi dan pembenahan agar semuanya bisa mencapai target dari yang sudah ditetapkan.

"Setiap OPD harus dapat memaksimalkan penagihan dan pengelolaan PAD untuk pembangunan daerah. Untuk itu kedepannya, sebisa mungkin setiap OPD dapat mencapai target PAD yang ditetapkan" ucap sekda.

Dikatakan sekda, berdasarkan target yang sudah ditetapkan. Secara global target PAD di Kabupaten Rejang Lebong ada kenaikan sekitar Rp 2 miliar lebih, sehingga target PAD pada masing-masing OPD juga tentu akan mengalami kenaikan.

Namun dikatakannya, hal tersebut diharapkan tidak mengurangi semangat pihak OPD dalam mengejar capaian target PAD.

BACA JUGA:Dewan Soroti PAD Tak Capai Target

BACA JUGA:Rp 13 M Lebih Uang Negara Diselamatkan, Dari 4 Perkara Tipikor di Bengkulu

Mengingat di Tahun 2023 ini covid sudah mulai melandai, dan ekonomi masyarakat sudah mulai membaik.

"Memang secara perhitungan, target PAD naik sekitar Rp 2 miliar lebih. Akan tetapi diharapkan masing-masing OPD tetap bisa mencapai target PAD yang sudah ditetapkan. Karena untuk capaian target PAD di Tahun 2022, sudah dipastikan tidak akan mencapai target," sampai Sekda.

Sekda juga mengatakan, agar masing-masing OPD dapat kreatif menyusun program terobosan baru untuk mencapai target yang sudah ditetapkan.

"Yang jelas untuk mendapatkan hasil yang baik dan mencapai target yang ditentukan, setiap OPD harus bisa meningkatkan lagi kreatifitasnya serta pengelolaan yang ada," singkat sekda. 

Sumber: