4 Hari Tembus 500 Lebih Pendaftar, Seleksi PPS dengan Sistem CAT

4 Hari Tembus 500 Lebih Pendaftar, Seleksi PPS dengan Sistem CAT

JACK/CE Pendaftar PPS yang menyerahkan bukti fisik pendaftaran ke KPU Kepahiang. --

KEPAHIANG, CURUPEKSPRESS.COM - Hingga hari ke 4 dibukanya pendaftaran calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Kabupaten Kepahiang Rabu 21 Desember, tercatat sudah 500 lebih  pendaftar yang sudah melengkapi berkas pendaftaran melalui akun SIAKBA KPU dan telah menyerahkan bukti fisik pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepahiang.

"Alhamdulillah antusias masyarakat untuk menjadi penyelenggara Pemilu khususnya PPS cukup banyak. Bahkan untuk yang sudah memiliki Akun SIAKBA untuk pendaftaran PPS sudah mencapai 1000 lebih, sedangkan yang sudah mendaftar mengisi formulir dan upload ke akun SIAKBA juga sudah 1000 lebih," sebut Komisioner KPU Kepahiang, Supran Efendi S Sos I MPd.

Jelas Supran, membludaknya jumlah pendaftar PPS di KPU Kepahiang, mengisyaratkan jika sosialisasi tahapan Pemilu 2024 yang dilakukan pihaknya selama ini berjalan efektif. 

BACA JUGA:Antisipasi Krisis Guru di RL, Bupati Usulkan Penambahan Kuota PPPK Guru

BACA JUGA:KPU Sosialisasikan Pembentukan PPK/PPS dan Kenalkan Siakba

"Tapi kami belum bisa memastikan apakan dari 1000 lebih pendaftar ini, sudah mewakili dari 117 desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Kepahiang," ujarnya. 

Karena menurutnya, yang diperlukan dari banyaknya pendaftar tersebut merupakan keterwakilan dari seluruh desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Kepahiang, dengan minimal jumlah pendaftar disetiap desa dan kelurahan sebanyak 6 orang, agar pihaknya bisa untuk melanjutkan tahap pendaftaran tersebut pada tahapan seleksi berikutnya.

"Kami berharap sampai dengan pendaftaran yang masih 5 hari lagi sampai dengan 27 Desember nanti, dari pendaftar yang masuk sudah bisa memenuhi keterwakilan desa dan kelurahan yang ada, sehingga kita bisa untuk melanjutkan pada tahapan seleksi berikutnya," harap Supran.

BACA JUGA:Angka Kemiskinan Ditargetkan Turun 2.000 Jiwa, Ini Upaya Pemkab Rejang Lebong

BACA JUGA:Bansos Di Stop, Bagaimana Nasib 17.735 KPM?

Masih dikatakan Supran, berdasarkan instruksi dari KPU RI, ada perubahan dalam proses seleksi PPS yang sebelumnya menggunakan format seleksi tertulis secara manual, direncanakan akan dilakukan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

"Kemungkinan nanti seleksinya juga melalui CAT, karena sudah ada instruksi dari KPU RI untuk CAT. Tapi kami akan lihat terlebih dahulu bisa atau tidak bagi kami untuk melaksanakan CAT dengan jumlah peserta yang kami prediksi akan lebih dari 1500 peserta itu," demikian Supran.

Sumber: