Apa Itu F&B? Ini Penjelasan Definisi Hingga Tugas-Tugasnya

Apa Itu F&B? Ini Penjelasan Definisi Hingga Tugas-Tugasnya

ILUSTRASI/NET--

EKBIS, CURUPEKSPRESS.COM - Haloo.. Sobat CE, Sektor industri food and beverage adalah salah satu sektor usaha yang mengalami pertumbuhan secara pesat terutama pada era sekarang ini. 

Dikutip dari greatdayhr.com, menyebutkan saat ini kecenderungan gaya hidup masyarakat yang lebih suka menikmati makanan siap saji menyebabkan banyaknya perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang makanan dan minuman bermunculan.

Food and beverage atau biasa disingkat dengan F&B merupakan salah satu departemen dalam perhotelan yang berfokus pada pelayanan makanan dan minuman demi tercapainya kepuasan pelanggan. 

Selain di hotel, departemen ini juga biasanya terdapat di restoran, penerbangan, rumah sakit, kapal pesiar dan perkeretaapian.

BACA JUGA:11 Ide Bisnis yang Menjanjikan di Tahun 2023

BACA JUGA:Bisnis yang Cocok Untuk Mahasiswa, 10 Ide Dijamin Sukses!

Seseorang yang bekerja di bidang usaha food and beverage service biasanya diharuskan untuk tampil rapi, bersikap ramah dan sopan, serta memiliki kemampuan komunikasi yang baik. 

Hal itu karena pekerjaan di bidang ini berkaitan dengan pemberian jasa pelayanan yang setiap harinya bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang.

Apa saja bidang pelayanan dalam food and beverage? Apa saja tugas dan posisinya? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut simak ulasan tentang food and beverage dalam artikel berikut ini!

1. Definisi, tujuan, dan Fungsi Food and Beverage Service

Food and beverage service adalah departemen yang memberikan jasa pelayanan dan penyajian makanan dan minuman yang dikelola secara profesional dan bersifat komersial dengan tujuan untuk memberikan kepuasan bagi pelanggan serta mendapatkan keuntungan secara finansial. 

Departemen ini secara khusus terdapat terutama di dalam industri perhotelan. Food and beverage sendiri memiliki tanggung jawab dalam hal memenuhi kebutuhan pelayanan yang berkaitan dengan makanan dan minuman kepada para tamu atau pelanggan.

Adapun beberapa tujuan dari food and beverage service di antaranya adalah sebagai berikut:

- Menyediakan dan menawarkan berbagai macam menu makanan dan minuman.

- Meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan terutama dari segi pelayanan di industri F&B.

- Memperoleh keuntungan secara finansial sebagai sumber tambahan penghasilan industri perhotelan dan F&B.

- Meningkatkan reputasi hotel, restoran, dan perusahaan lainnya yang memiliki departemen F&B dalam hal pelayanan.

- Selain tujuan, departemen food and beverage juga memiliki beberapa fungsi atau peranan penting dalam industri perhotelan, transportasi, dan lainnya. Berikut adalah beberapa fungsi departemen food and beverage.

- Melayani kebutuhan terkait makanan dan minuman bagi para pelanggan.

- Meningkatkan profit atau keuntungan bagi pihak pengelola atau perusahaan terkait.

- Memberikan kesan pelayanan yang baik sekaligus menjaga hubungan baik antara pihak pengelola dan para pelanggan.

Bidang pelayanan food and beverage service:

1. Restoran

Merupakan bagian dari Food and Beverage Service yang dikelola secara komersial untuk memberikan pelayanan makanan dan minuman kepada semua pelanggan yang datang.

2. Bar

Merupakan bagian dari F&B yang melayani dan menyediakan berbagai macam minuman baik yang mengandung alkohol maupun tidak, untuk diminum di tempat. Bar ini dapat berupa tempat/spot kecil atau bisa juga berupa konter minuman.

3. Banquet

Merupakan bagian F&B yang bertugas untuk menangani segala bentuk kegiatan jamuan atau pesta yang diselenggarakan oleh pihak yang membuat pemesanan ke hotel.

Jadi, semua akan dipersiapkan secara matang, mulai dari jumlah tamu, menu hingga waktu pelaksanaannya

4. Steward

Merupakan subdivisi dari Food and Beverage Product yang bertugas untuk mengurus semua peralatan restoran dan dapur di hotel.

5. Room Service

Merupakan bagian yang menyediakan pelayanan makan dan minum di dalam kamar tamu. Jadi ketika di restoran tamu bisa memesan makanan langsung ke waiter/waitress dan tamu juga dapat memesan makanan atau minuman melalui telepon yang tersedia di kamar.

Posisi dan tugas F&B

Food and Beverage (F&B) pada umumnya dibagi menjadi dua bagian berdasarkan ruang lingkup dan tugasnya masing-masing. Berikut adalah pembagian ruang lingkup serta posisi dan tugasnya.

1. F&B front service (bagian depan)

Front service ini merupakan bagian pelayanan depan yang meluputi bar, restoran dan juga room service. Jadi petugas di bagian ini yang akan berhubungan atau tatap muka langsung dengan tamu yang datang.

2. F&B back service (bagian belakang)

Back service ini merupakan bagian belakang yang area kerjanya meliputi dapur, service bar dan juga kantin. Bisa dibilang karyawan di bagian ini tidak langsung berhubungan dengan para tamu.

Dari pembagian ruang lingkup tersebut, terdapat beberapa posisi sesuai dengan tugasnya masing-masing di dalam food and beverage service. Berikut ini adalah beberapa posisi dalam F&B service serta tugasnya.

- Waiter/Waitress

Merupakan seorang yang bertugas untuk melayani tamu yang datang dan membantu dalam pemesanan menu serta mengantarkan menu yang dipesan langsung ke atas meja. Selain itu seorang waiter/waitress juga bertugas untuk ikut menjaga kebersihan tempat makan dan meja tamu.

- Order taker

Merupakan seorang yang bertugas untuk melayani tamu dalam pemesanan makanan dan minuman langsung dari kamar hotel melalui telepon, kemudian mengantarkan orderan/pesanan makanan tersebut ke kamar.

- Barista

Adalah seorang yang bertugas untuk membuatkan dan menyajikan berbagai macam minuman kopi dan minuman non-coffee yang dipesan oleh tamu.

Bartender

Adalah seorang yang bertugas untuk meracik dan menyajikan berbagai minuman beralkohol (bir, anggur, koktail, dan liquor) kepada tamu di konter bar.

- Admin F&B Service

Adalah seorang admin yang bertugas untuk membuat dan menginput dokumen serta melakukan stok bahan-bahan baku dan peralatan yang diperlukan di F&B Service Store.

- Cashier

Adalah seorang yang bertugas untuk mencatat tamu yang datang ke restoran serta melayani pembayaran dan membuat laporan untuk diserahkan ke bagian department accounting.

- Leader/Captain

Adalah seorang pemimpin atau leader yang bertugas untuk mengkoordinasi para waiter/waitress dalam melakukan semua tugas-tugasnya.

- Supervisor restaurant

Adalah seorang supervisor yang bertugas untuk melakukan kontrol penuh atas kinerja admin dan juga waiter/waitress.

Disamping itu seorang supervisor restaurant juga harus membuatkan jadwal kerja yang terstruktur juga memberikan pelatihan terhadap karyawan termasuk cara mengatasi tamu yang komplain.

- Outlet manager

Adalah seorang pimpinan atau kepala (restoran, café, bar, lounge, banquet) yang memiliki tugas untuk membuat kebijakan atas operasional outlet yang dikelolanya.

- Food and Beverage Manager

Adalah seorang yang membawahi semua outlet manager dan memiliki tanggung jawab atas pengelolaan sumber daya manusia serta memastikan keuntungan dalam keseluruhan bisnis di departmentnya.

- Food and Beverage Director

Adalah seorang yang membawahi 2 department sekaligus yakni F&B Service dan Kitchen serta bertanggung jawab penuh atas manajemen keduanya.

Sumber: