7 Desa Ini Dapat DD di Atas Rp 1 Miliar

7 Desa Ini Dapat DD di Atas Rp 1 Miliar

DOK/CE Iwan Zamzam--

KEPAHIANG, CURUPEKSPRESS.COM - Pagu Dana Desa (DD) di Kabupaten Kepahiang tahun 2023 ini naik hingga Rp 4 Miliar lebih.

Tentunya anggaran yang disediakan untuk masing-masing desa juga mengalami kenaikan.

Hanya saja berdasarkan keputusan dari Pemerintah Pusat, hanya ada 7 desa di Kabupaten Kepahiang yang mendapatkan anggaran di atas Rp 1 miliar lebih.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Kepahiang Iwan Zamzam Kurniawan SH, di tahun 2022 pagu DD yang diberikan sebesar Rp 78 juta lebih, dan mengalami kenaikan di tahun 2023 ini menjadi 82 juta lebih.

BACA JUGA:Februari, Pencairan DD/ADD Tahap I Dimulai

BACA JUGA:Pagu DD Bertambah Rp 3,7 Miliar

Sehingga berdasarkan ketetapan Pemerintah Pusat, hanya ada 7 desa yang menerima anggaran di atas Rp 1 miliar.

"Ada 7 desa yang sudah dipastikan mendapatkan anggaran DD lebih dari Rp 1 miliar, dan itu murni dari keputusan Pemerintah Pusat, bukan kami yang memutuskan. Hal ini berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (Menkeu) RI nomor 201/ PMK. 07/ 2022 tentang Pengelolaan DD. Beda halnya dengan ADD yang bersumber dari APBD Kepahiang yang menjadi kewenangan kami," ujar Iwan.

Adapun 7 desa yang mendapatkan anggaran DD di atas Rp 1 miliar sambung Iwan, seperti Desa Suro Ilir, Bumi Sari, Meranti Jaya Kecamatan Ujan Mas. Desa Taba Air Pauh Kecamatan Tebat Karai.

BACA JUGA:Februari Ini Proyek Harus Lelang

BACA JUGA:Bupati Ingatkan Masyarakat Lebih Waspada Soal Ini

Dan Desa Limbur Baru, Batu Bandung, Sosokan Baru Kecamatan Tebat Karai.

"Jika dilihat dari Menkeu yang menjadi landasan,dari total 105 desa di Kabupaten Kepahiang hanya 7 desa tersebut yang mendapatkan DD di atas Rp 1 miliar. Sementara untuk desa - desa lainnya paling kecil mendapatkan DD Rp 600 juta sampai 900 juta," sampai Iwan.

Berkenaan DD yang diberikan tersebut jelas Iwan, seluruh Kades di Kabupaten Kepahiang wajib menggunakan DD sesuai dengan aturan yang berlaku.

Sumber: