Ini Cara Memproses Laporan Penipuan Ke Aplikasi DANA

Ini Cara Memproses Laporan Penipuan Ke Aplikasi DANA

IST/CE Penipuan bermodus kode OTP yang marak terjadi (sumber foto by google, 07/02/23)--

EKBIS, CURUPEKSPRESS.COM - Dengan perkembangan aplikasi yang semakin pesat tidak bisa dipungkiri jika semua aktifitas terasa lebih mudah.

Terlebih semua hal dilakukan bisa melalui smartphone, seperti belanja online di e-commerce bahkan transaksi digital.

Dibalik kemudahan fitur yang disediakan tentunya ada banyak kasus negatif yang ditemukan, misalnya saja maraknya kasus penipuan dengan berbagai macam cara.

Kasus yang sering ditemukan adalah tiba-tiba seseorang meminta kode OTP bahkan PIN dengan mengataskanaman aplikasi yang kebetulan sering kamu gunakan.

Aplikasi yang seringkali menjadi sasaran penipuan adalah dompet digital DANA.

BACA JUGA:Bagaimana Cara Kirim Uang Melalui Dompet Digital Dana? Cek Disini

BACA JUGA:Ini Cara Mengganti nomor DANA yang tersimpan di Bukalapak

DANA merupakan aplikasi berbasis transaksi digital yang cukup populer dipakai di Indonesia.

Modus yang digunakan para penipu juga sangat bervariasi, mulai dari mengirimkan link ataupun sms.

Biasanya para penipu langsung menghubungi calon korban dan meminta kode OTP yang dikirimkan sehingga para calon korban percaya dengan trik tersebut.

Sebagian orang belum mengetahui bahwa itu merupakan trik penipu untuk mengambil alih akun.

Lalu bagaimana jika kamu sudah terlanjur mengirimkan kode OTP tersebut? Apalagi nominal yang sudah dikuras dalam nominal yang cukup besar. 

Ikuti langkah berikut ini dan bisa kamu coba:

  • Pelaporan ini bisa kamu lakukan degan mengirimkan laporan melalui email [email protected].
  • Jika respon yang kamu terima lamban, kamu bisa coba untuk hubungi Costumer DANA untuk bantuan lebih lanjut. Untuk via telepon 1500445 dan Whatsapp 0819-1150-0445.

Berikut format isi laporan yang harus kamu kirimkan.

  • Urutan kejadian penipuan secara singkat, padat dan jelas.
  • Jangan lupa untuk melampirakan foto seperti screenshot bukti tranfer (ini dapat berupa mutasi rekening yang menunjukkan tanggal dan jam transaksi ke DANA).
  • Screenshot Chat dan Log Panggilan telepon saat pihak terlapor yang diduga penipu.
  • Tambahkan bukti pendukung lain yang bisa memperkuat laporan kamu.

Sumber: