Dispar Siap Dongkrak PAD Wisata

Dispar Siap Dongkrak PAD Wisata

DOK/CE M Budianto--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Diketahui  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong tahun ini menaikkan pendapatan asli daerah (PAD).

Begitupun dengan Dinas Pariwisata (Dispar) akan berupaya untuk mendongkrak PAD khususnya pada sektor pariwisata.

Apalagi PAD sektor wisata diminta untuk dilakukan secara maksimal.

"Pada prinsipnya kami siap ketika memang dari Pemkab meningkatkan PAD tahun ini. Dan khususnya kami yang berkecimpung di sektor wisata," kata Kepala Dispar Kabupaten Rejang Lebong, M Budianto ST MT kepada wartawan.

BACA JUGA:Operator SIKS NG Diminta Aktif Soal Ini...

BACA JUGA:Pemkab Optimis 2023 Angka Stunting Terus Turun

Dirinya mengatakan, dengan upaya bagaimana mempromosikan kedua objek wisata yang dikelola Pemkab Rejang Lebong yakni Danau Mas Harun Bastari (DMHB) dan Pemandian Suban Air Panas, agar terjadi peningkatan jumlah pengunjung/wisatawan.

"Apalagi sekarang kita sudah tidak lagi menerapkan PPKM, dimana status zero kasus Covid-19 juga sudah sejak tahun lalu tidak ada  lagi. Dengan demikian di tahun ini kami yakin jumlah wisatawan yang masuk ke dua objek wisata tersebut juga terus meningkat," ujarnya.

Sebelumnya sempat diusulkan untuk peningkatan sarana dan prasaran (Sarpras), kata Budi, hanya saja belum bisa memungkinkan lantaran keterbatasan anggaran.

BACA JUGA:Taba Renah Penghasil Bata Merah

BACA JUGA:Dies Natalis AKREL, Berlangsung 3 Hari

Dilanjutkannya, jika mengharap anggaran yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK), Pemerintah Pusat tidak menyiapkan program untuk peningkatan sarpras atau fasilitas.

"Kami sudah coba koordinasi ke pusat, dan ternyata mereka tidak fokus ke arah sana. Tapi ada program lain yang diprioritaskan hingga tahun 2024," bebernya.

Sementara itu, Budi menyebutkan, untuk desa-desa wisata yang ada saat ini masih tetap dalam pembinaan pihaknya.

Sumber: