Waspadai Bahaya Minum Air Es Terlalu Sering, Ini Tips Menghindarinya

Waspadai Bahaya Minum Air Es Terlalu Sering, Ini Tips Menghindarinya

ILUSTRASI/NET bahaya yang dapat terjadi akibat terlalu sering mengonsumsi air es (sumber foto by google, 24/02/23)--

HEALTH, CURUPEKSPRESS.COM - Air es adalah minuman yang sering dikonsumsi oleh banyak orang untuk melepas dahaga dan meredakan rasa haus pada cuaca yang panas.

Meskipun begitu, minum air es terlalu sering tidak baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan, ada beberapa bahaya yang dapat terjadi akibat terlalu sering mengonsumsi air es.

Berikut adalah beberapa contoh bahaya dari minum air es terlalu sering:

1. Meningkatkan Risiko Sakit Tenggorokan

Minum air es terlalu sering dapat mengiritasi tenggorokan dan meningkatkan risiko terkena sakit tenggorokan.

Hal ini terutama terjadi jika kita minum air es saat sedang kelelahan atau sedang berkeringat.

Perubahan suhu yang drastis dari air es yang terlalu dingin dan suhu tubuh yang lebih hangat dapat memicu pembengkakan dan peradangan pada saluran tenggorokan yang membuat kita terkena sakit tenggorokan.

2. Menyebabkan Sakit Perut

Minum air es yang terlalu dingin dapat membuat perut terasa kembung dan sakit.

Hal ini terjadi karena air es mengganggu aliran darah ke saluran pencernaan yang dapat menyebabkan kontraksi otot yang berlebihan dan menghasilkan rasa tidak nyaman.

Selain itu, air es yang terlalu dingin juga dapat merusak lapisan dalam saluran pencernaan dan menyebabkan iritasi atau peradangan.

3. Mengganggu Pencernaan

Minum air es terlalu sering dapat mengganggu pencernaan kita. Hal ini karena air es dapat menghambat proses pencernaan makanan dan memperlambat kontraksi otot di dalam saluran pencernaan.

Ketika kita mengonsumsi makanan dan minuman dingin, tubuh akan memfokuskan aliran darah ke bagian dalam tubuh untuk menjaga suhu tubuh.

Sumber: