KPK RI Kunjungi Desa Suban Ayam, Periksa Ini

KPK RI Kunjungi Desa Suban Ayam, Periksa Ini

IST/CE Kegiatan kunjungan awal KPK RI ke Desa Suban Ayam.--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) RI lakukan kunjungan ke Desa Suban Ayam Kecamatan Selupu Rejang.

Kunjungan tersebut dimaksudkan dalam rangka ingin menjalankan program percontohan desa anti korupsi tahun 2023.

Hal ini sebagaimana disampaikan, Koordinator Kegiatan pada Direktorat Pembinaan Peran Serta Masyarakat (Ditpermas) KPK RI, Firlana Ismayadin, setelah Desa Suban Ayam ditunjuk menjadi salah satu kandidat calon percontohan desa anti korupsi, maka pada Selasa (28/2) kemarin pihaknya turun langsung ke desa.

"Ini bagian dari tindak lanjut rapat audiensi bersama Pak Bupati Rejang Lebong dan jajarannya Senin kemarin. Jadi hari ini (kemarin, red) kita datang langsung untuk mengecek kriteria-kriteria atau indikator utama yang ada apakah dimiliki oleh Desa Suban Ayam," sampainya.

BACA JUGA:Lagi-lagi Jalan Tempel Rejo Banjir

BACA JUGA:Korban Oknum Kepsek Buka Suara, Juga Pernah Dicabuli Ini.. Parah!

Dalam merealisasikan program percontohan desa anti korupsi ini, kata Firlana, pihaknya akan memotret 5 indikator utama terhadap Desa Suban Ayam.

Diantaranya indikator penguatan mengenai tata laksana, indikator pengawasan, indikator pelayanan publik, indikator partisipasi serta peran aktif masyarakat dan terakhir indikator kearifan lokal.

"Setelah ini kami akan langsung melakukan observasi. Dan kami berharap Desa Suban Ayam dapat memenuhi seluruh indikator yang telah ditetapkan," tuturnya.

Sementara itu, Pjs Kepala Desa Suban Ayam, Mai Linda SE, berharap Desa Suban Ayam terpilih mewakili Provinsi Bengkulu untuk menjadi desa percontohan bersama 22 desa se Indonesia.

BACA JUGA:Pemkab RL Terima Penghargaan Predikat Standar Pelayanan Publik, Ini Pesan Bupati

BACA JUGA:Rekrutmen Paskibraka Dibuka, Seleksi Secara Online

"Harapan kami setelah di observasi oleh tim dari KPK RI, Desa Suban Ayam kami dapat memenuhi seluruh indikator penilaian. Sehingga nanti Desa Suban Ayam berpeluang besar terpilih menjadi percontohan desa anti korupsi di Indonesia," katanya.

Dirinya juga mengatakan, di tahun 2022 lalu desanya menjadi terpilih menjadi tuan rumah pelaksanaan zona integritas desa (Zides) oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Curup.

Sumber: