Peluang Bisnis Budidaya Ikan Hias untuk Pasar Lokal dan Ekspor, Cocok Buat Kamu yang Menekuni Bidang Perikanan

Peluang Bisnis Budidaya Ikan Hias untuk Pasar Lokal dan Ekspor, Cocok Buat Kamu yang Menekuni Bidang Perikanan

ILUSTRASI/NET Peluang Bisnis di Bidang Perikanan: Budidaya Ikan Hias untuk Pasar Lokal dan Ekspor (sumber foto by google, 23/03/23)--

EKBIS, CURUPEKSPRESS.COM - Salah satu bisnis yang menjanjikan di bidang perikanan adalah budidaya ikan hias untuk pasar lokal dan ekspor.

Ikan hias sangat populer di kalangan pecinta hewan peliharaan, terutama di daerah perkotaan.

Permintaan terhadap ikan hias semakin meningkat di Indonesia karena semakin banyak masyarakat yang memiliki hobi memelihara ikan hias di rumah.

BACA JUGA:Tips Memulai Bisnis Pakaian Muslim Selama Ramadhan yang Sukses dan Menjanjikan

BACA JUGA:Memanfaatkan Peluang Bisnis Selama Ramadhan dengan Jasa Dekorasi Rumah yang Menarik

Selain itu, ikan hias juga menjadi salah satu komoditas ekspor yang diminati oleh negara-negara asing.

Budidaya ikan hias bisa dilakukan di kolam, akuarium, atau sistem recirculating aquaculture system (RAS) yang lebih modern.

Namun, untuk memulai bisnis budidaya ikan hias, dibutuhkan pengetahuan dan pengalaman yang memadai dalam bidang perikanan.

Selain itu, modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini juga cukup besar, terutama untuk investasi awal dalam membangun infrastruktur dan membeli stok bibit ikan.

BACA JUGA:Tips Membuka Usaha Minuman Segar Selama Ramadhan: Menjaga Pelanggan Senang

BACA JUGA:Ide Bisnis Ramadhan: Online Shop Makanan Kering

Tapi jangan khawatir, meskipun memerlukan investasi awal yang besar, bisnis budidaya ikan hias dapat memberikan keuntungan yang sangat menggiurkan.

Hasil panen ikan hias dapat dijual dengan harga yang cukup tinggi, terutama jika ikan hias tersebut memiliki nilai estetika yang tinggi dan sulit didapat.

Selain itu, dengan adanya teknologi internet, memasarkan ikan hias dapat dilakukan dengan mudah melalui media sosial dan marketplace online.

Sumber: