Menentukan Target Pasar Untuk Perintis Bisnis Kosmetik

Menentukan Target Pasar Untuk Perintis Bisnis Kosmetik

ILUSTRASI/NET Menentukan Target Pasar untuk perintis bisnis Kosmetik--

EKBIS, CURUPEKSPRESS.COM - Bisnis kosmetik saat ini semakin berkembang dan menawarkan peluang besar untuk para perintis bisnis.

Namun, untuk berhasil di dalam industri kosmetik, perlu adanya strategi yang tepat, termasuk menentukan target pasar yang sesuai dengan produk kosmetik yang akan dijual.

Dalam artikel ini, akan dibahas cara menentukan target pasar untuk perintis bisnis kosmetik.

Tentukan Produk Kosmetik yang Akan Dijual

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan jenis produk kosmetik yang akan dijual.

Apakah akan berfokus pada produk skincare, makeup, atau haircare.

Setiap jenis produk kosmetik memiliki target pasar yang berbeda, sehingga menentukan jenis produk kosmetik yang akan dijual akan memudahkan dalam menentukan target pasar.

Identifikasi Kebutuhan dan Keinginan Konsumen

Setelah menentukan jenis produk kosmetik yang akan dijual, langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan riset pasar atau survei terhadap calon konsumen.

Dalam riset pasar ini, perlu diketahui informasi tentang jenis kosmetik yang sering digunakan oleh konsumen, masalah yang sering dihadapi konsumen terkait produk kosmetik, preferensi warna, tekstur, dan aroma produk kosmetik, serta harga yang diinginkan oleh konsumen.

Analisis Demografi dan Psikografi Konsumen

Setelah mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen, langkah selanjutnya adalah menganalisis demografi dan psikografi konsumen.

Analisis demografi meliputi usia, jenis kelamin, pendapatan, pekerjaan, dan tingkat pendidikan konsumen.

Sementara analisis psikografi meliputi nilai-nilai, minat, dan gaya hidup konsumen. Dengan melakukan analisis ini, perintis bisnis kosmetik dapat menentukan target pasar yang sesuai dengan produk kosmetik yang akan dijual.

Sumber: