Berantas 1.181 Kasus TBC di Wilayah Rejang Lebong

Berantas 1.181 Kasus TBC di Wilayah Rejang Lebong

ILUSTRASI/NET Penyakit TBC--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Pasca pandemi Covid-19 melanda beberapa waktu lalu, penyakit tuberculosis (TBC) merupakan suatu penyakit yang harus segera disembuhkan dan diberantas secepatnya.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rejang Lebong menyebut, jika pihaknya telah diberikan target oleh Pemerintah Pusat dalam memberantas penyakit TBC sebanyak 1.181 kasus.

Demikian disampaikan Plt Kadinkes Kabupaten Rejang Lebong, Rephi Meido Satria SKM melalui Kasi P2PM, Titin Julita SKM kepada wartawan.

“Tahun ini kami diberi target oleh pusat harus menemukan dan membasmi penyakit TBC sebanyak 1.181 kasus di wilayah Rejang Lebong,” ungkapnya.

Menurutnya, dengan banyaknya pencarian kasus TBC, maka akan semakin cepat pasien ditemukan.

Ketika sudah ditemukan, akan semakin cepat diobati dan cepat juga menurunkan risiko penularan di masyarakat.

Sementara itu Titi menjelaskan, dalam waktu 3 bulan pertama di tahun 2023 jumlah kasus TBC di wilayahnya tercatat baru ada 71 kasus.

Angka tersebut berdasarkan data yang berhasil dihimpun dari 12 puskesmas yang ada.

“Kasus TBC di Rejang Lebong dalam kurun waktu 3 bulan terakhir yang terhitung sejak Januari hingga Maret lalu tercatat baru ada 71 kasus,” jelasnya.

Lebih lanjut dirinya memaparkan, 71 kasus tersebut antara lain terjadi di wilayah Kecamatan Bermani Ulu 5 kasus, Sindang Kelingi 3 kasus, Curup 9 kasus, Curup Timur 7 kasus, Binduriang 1 kasus, Kota Padang 8 kasus, Padang Ulak Tanding 8 kasus, Curup Tengah 12 kasus, Selupu Rejang 3 kasus, Sindang Beliti Ilir 4 kasus, Sindang Dataran 1 kasus dan Curup Utara 10 kasus.

“Bisa dilihat dari data itu kasus terbanyak di Curup Tengah, Curup Utara, Curup dan sebagian lagi di wilayah Lembak,” bebernya.

Dirinya menerangkan, adapun gejala-gejala seseorang terkena TBC antara lain, mengalami batuk lebih dari 3 pekan, demam pada malam hari disertai keringat dingin, berat badan menurun drastis, dan nyeri dada serasa di tusuk-tusuk jarum.

“Umumnya orang yang terserang TBC akan mengalami serta merasakan gejala-gejala tersebut,” ucapnya.

Titin melanjutkan, penyakit TBC merupakan salah satu penyakit menular. Dimana proses penularannya melalui droplet atau udara, yakni orang yang sakit TB batuk, bersin atau berbicara lalu memercikan cairan yang mengandung kuman.

Sumber: