Dana Desa Cair, 115 Desa Sudah Terima Tahap I

Dana Desa Cair, 115 Desa Sudah Terima Tahap I

ILUSTRASI/NET Dana Desa--

HOT NEWS, CURUPEKSPRESS.COM – Dana Desa (DD) tahap I di Rejang Lebong sudah bisa dilakukan pencairan sejak Januari lalu.

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Curup menyebutkan bahwa, sampai dengan 30 April 2023 lalu dari total 122 desa dalam Kabupaten Rejang Lebong sebanyak 115 desa di antarannya sudah mengantongi DD tahap I tahun 2023.

“Dari hasil rekapan data kami per 30 April lalu, untuk Rejang Lebong sudah 115 desa yang melakukan pencairan DD tahap I,” sampai Kepala KPPN Curup, Ma’ruf melalui Kasi Bank, Budi Aryanto usai diwawancara wartawan, Senin (8/5) kemarin.

Adapun anggaran yang sudah dikucurkan dari 115 desa tersebut, kata Budi, untuk dana regular sebesar Rp 29,74 miliar.

BACA JUGA:

Sedangkan untuk Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahap I yang sudah tersalurkan sebesar Rp 3,78 miliar.

“Sehingga total anggaran yang sudah keluar dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN) ke Rekening Kas Desa (RKDes) sebesar Rp 33,52 miliar untuk 115 desa di Rejang Lebong,” paparnya.

Lanjut dia, untuk tahap I ini besaran DD yang dicairkan dari total pagu anggaran sesuai DIPA Rp 103,06 miliar yakni 32,53 persen.

Masih dikatakannya, pencairan DD tahap I ini akan berakhir pada bulan Juni mendatang.

BACA JUGA:

Sehingga bagi desa-desa yang belum melakukan pencairan agar segera melengkapi seluruh dokumen persyaratan untuk kemudian di usulkan ke KPPN.

“Kalau tidak salah saya tahap I ini berakhir di sekitar tanggal 12 Juni mendatang,” tuturnya.

Sedangkan bagi desa-desa yang sudah merealisasikan atau memanfaatkan DD tahap I, kini sudah bisa melakukan pengajuan pencairan tahap II.

Dengan ketentuan laporan pertanggung jawaban atas penggunaan DD tahap I pun sudah disiapkan.

Sumber: