Cuaca Panas Ekstreme, Dinkes Lebong Minta Warga Kurangi Aktivitas Diluar Rumah

Cuaca Panas Ekstreme, Dinkes Lebong Minta Warga Kurangi Aktivitas Diluar Rumah

ILUSTRASI/NET Suhu Panas Ekstreme--

LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) kabupaten LEBONG mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah mengingat cuaca panas ekstrem sedang terjadi di wilayah LEBONG.

Pihaknya juga memastikan sudah menyiapkan sarana kesehatan seperti rumah sakit dan Puskesmas sebagai pelayanan kepada masyarakat yang terdampak akibat suhu panas ekstrem tersebut.

“Cuaca panas ekstrem yang terjadi saat ini sudah sangat dirasakan oleh masyarakat Lebong. Kita mengimbau masyarakat melakukan pencegahan dan mitigasi kepada yang warga berisiko tinggi terhadap cuaca panas ekstrim, seperti penderita penyakit jantung, hipertensi, usia lanjut, ibu hamil, bayi, balita, dan lain-lain,” kata Kepala Dinkes Rachman SKM.

BACA JUGA:

Menurut Racham untuk menghadapi cuaca ekstrem yang terjadi saat ini pihaknya memberikan sejumlah tips untuk bisa diterapkan kepada masyarakat.

Diantaranya yaitu dengan banyak mengkonsumsi air putih agar bisa terhindar dari dehidrasi, kemudian menghindari minuman berkafein, minuman bersinergi, alkohol, dan minuman manis.

“Karena cuaca panas dengan suhu yang cukup ekstrem membuat tubuh kepanasan dan tidak nyaman. Dalam kondisi ini, tentu sangat penting menjaga suhu tubuh tetap dalam keadaan normal. Apalagi, cuaca panas juga bisa berdampak pada kesehatan mulai dari dehidrasi, dan demam akibat terpapar panas,” ucapnya.

BACA JUGA:

Lebih lanjut ditambahkan Rachman, disaat cuaca panas terjadi masyarakat diminta untuk menghindari kontak langsing dengan sinar matahari, masyarakat bisa memilik opsi dengan memakai topi atau payung, memakai baju yang berbahan ringan dan tidak berwarna gelap, serta berteduh di antara pukul 11.00 sampai 15.00 WIB.

“Lebih baik cuaca panas ekstrim seperti ini masyarakat banyak melakukan aktifitas berada di dalam rumah, hal ini untuk mencegah terjadinya penyakit-penyakit tertentu yang akibatkan cuaca panas,” singkatnya. 

BACA JUGA:

Sumber: