Tunggu Mekanisme Dikbud, SMAN 1 Rejang Lebong Siapkan 340 Kuota PPDB 2023

Tunggu Mekanisme Dikbud, SMAN 1 Rejang Lebong Siapkan 340 Kuota PPDB 2023

SMAN 1 Rejang Lebong--

CURUP, CURUPEKSPRESS.COM – Dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2023/2024 ini.

Sekolah Menengah Kepala Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Rejang Lebong telah menyediakan sebanyak 340 kuota PPDB.

Jumlah tersebut sesuai dengan daya tampung yang dimiliki sekolah tersebut yakni sebanyak 10 ruangan kelas dengan jumlah siswanya sebanyak 34 siswa masing-masing kelas.

Kepala SMAN 1 Rejang Lebong Drs Parji Susanta melalui wakil bidang Humas SMAN 1 Rejang Lebong Edi Supriyanto SPdI MPdI mengatakan bahwasanya untuk bisa melaksanakan penerimaan tersebut, pihaknya saat ini masih menunggu petunjuk dan teknis dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Bengkulu terkait waktu dan mekanisme pelaksanaan PPDB tahun ajaran 2023 ini.

BACA JUGA:

“Insyaallah sesuai dengan daya tampung SMAN 1 Rejang Lebong, kemarin kami usulkan sebanyak 340 siswa baru untuk menggantikan siswa kelas XII yang sudah lulus dari 10 rombel kelas,” ujar Edi.

Dikatakan Edi bahwasanya berdasarkan Jukni PPDB tahun ajaran 2022/2023 kemarin, di sekolah tersebut ada sebanyak 4 jalur yang tersedia untuk melakukan pendaftaran. Adapun 4 jalur tersebut diantarannya yaitu, zonasi, prestasi, afirmasi, dan perpindahan orang tua

“Untuk siswa yang berada atau tinggal di zonasi SMAN 1 Rejang Lebong sendiri biasanya mempunyai persentase penerimaan lebih banyak dari ketiga jalur lainya, sedangkan untuk jalur prestasi siswa harus membuktikannya dengan piagam penghargaan, dan bukti prestasi lainnya, serta akan dilaksanakan seleksi kembali di SMAN 1 Rejang Lebong, sedangkan untuk jalur Afirmasi sendiri merupakan siswa yang mempunyai Kartu Indonesia Pintar dan merupakan siswa yang tergolong dari keluarga yang kurang mampu, dan jalur perpindahan orang tua (Khusus) untuk orang tuanya berpindah tempat kerja dan sebagainya,” jelas Edi.

BACA JUGA:

Sementara Edi kembali mengajak untuk seluruh masyarakat dan juga siswa lulusan SMP dan MTs di Kabupaten Rejang Lebong untuk melanjutkan pendidikan di SMAN 1 Rejang Lebong pada masa PPDB yang akan dilaksanakan pada tahun ajaran baru mendatang, sesuai dengan kuota penerimaan yang sudah di siapkan di sekolah tersebut.

“Untuk lebih jelasnya mari kita tunggu Instruksi serta Juknis dari Dikbud Provinsi Bengkulu. karena berdasarkan juknis tersebut nantinya baru bisa kita menindak lanjuti dari perencanaan sampai pelaksanaan, biasanya ketika perencanaan kita akan ada promosi baik itu dari media sosial maupun

pemasangan spanduk di depan sekolah, biasanya jalur Prestasi, Pindah orang tua , dan Afirmasi lebih dulu kita laksanakan ketika sudah diumumkan dari hasil tiga jalur tersebut baru nanti ke jalur zonasi,” pungkasnya.

BACA JUGA:

Sumber: