6 Lansia Berangkat Haji Tahun Ini, Apa Masih Kuat?

6 Lansia Berangkat Haji Tahun Ini, Apa Masih Kuat?

ILUSTRASI/NET CJH Lansia--

CURUP, CURUPEKSPRESS.COM – Kuota Calon Jamaah Haji Lanjut usia (CJH – Lansia) untuk Kabupaten Rejang Lebong tercatat ada 6 orang yang berusia lansia yang bakal berangkat untuk melaksanakan ibadah haji tahun 2023.

Ini sebagaimana dikatakan Kakan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rejang Lebong, H Lukman SAg MHI melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah, M Adityawarman Budi SAg kepada wartawan.

“Kuota CJH Lansia di Rejang Lebong di pemberangkatan haji tahun ini ada 6 orang,” katanya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, adapun usia CJH tertua yakni 92 tahun ada 1 orang, usia 85 tahun ada 2 orang, usia 83 tahun ada 1 orang dan usia 82 tahun ada 2 orang.

“Jadi kategori lansia yang memang sudah tua diatas 80 tahun ada 6 orang asal Rejang Lebong, terdiri dari dua orang laki-laki dan empat sisanya perempuan,” ujar Adit.

BACA JUGA:

Semua lansia tersebut, kata dia, sudah mengikuti semua rangkaian serta tahapan pelaksanaan keberangkatan haji. Seperti pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BiPIH) serta konfirmasi pelunasan ke PLHUT, pembuatan pasport, cek kesehatan, manasik haji yang digelar beberapa kali pertemuan dan lainnya.

“Mereka semua sudah mengikuti tahapan yang ada dengan tertib termasuk tes kesehatan. Mungkin kemarin ada 1 atau orang lansia yang belum bisa dilakukan suntik meningitis karena lagi sakit dan HB darahnya rendah. Untuk perkembangan terbaru terkait hal itu belum kami dapatkan dan tetap dikoordinasikan dengan pihak kesehatan,” tuturnya.

Masih dikatakannya, terdapat perlakuan khusus terhadap 2 orang CJH lansia berupa penyediaan kursi roda sebagai antisipasi apabila yang bersangkutan dalam pelaksanaan haji nanti membutuhkan bantuan kursi roda.

“Kursi roda itu bisa nanti dari jamaah, bisa juga nanti difasilitasi dari pemerintah Arah Saudi,” bebernya.

Ia manambahkan, total seluruh CJH asal Rejang Lebong yang bakal berangkat ke Tanah Suci Mekkah tahun ini ada 221 ditambah 6 lansia, sehingga seluruhnya 227 CJH. 

BACA JUGA:

Sumber: