Tiga Desa Ini Masuk Program Kampung Iklim

Tiga Desa Ini Masuk Program Kampung Iklim

Adit/CE Kepala DLH Indra Gunawan saat mendampingi kepala Balai Pengendalian Perubahan Iklim Seksi Wilayah III.--

LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten LEBONG mengusulkan setidaknya ada 3 desa untuk dijadikan sebagai proklim (program kampung iklim) ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

3 desa tersebut yakni Desa Bukit Nibung Kecamatan Bingin Kuning, Desa Sungai Lisai Kecamatan Pinang Belapis dan Desa Mangkurajo Kecamatan Lebong Selatan.

Kepala DLH Lebong Indra Gunawan, S Pi M Si, menjelaskan, dampak perubahan iklim secara global telah menjadi perhatian masyarakat dunia dan bangsa-bangsa termasuk Indonesia.

BACA JUGA:

Terlebih program ini juga merupakan salah satu upaya dari KLHK soal adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.

"Kami sangat mendukung program kampung iklim dari KLHK ini dan sudah mensosialisasikan program ini kepada pemerintah desa," kata Indra.

Menurut Indra, ketiga desa yang diusulkan untuk menjadi kampung iklim tersebut dinilai layak karena masih memiliki kawasan hutan luas dan masyarakatnya yang menjaga kelestarian hutan.

"Tapi tetap harus dilakukan penguatan pada proses identifikasi lokasi kawasan hutan desa," ungkapnya.

BACA JUGA:

Lanjutnya, kedatangan Balai Pengendalian Perubahan Iklim Seksi Wilayah ke Kabupaten Lebong ini bertujuan sebagai bentuk peningkatan kapasitas daerah dalam hal adaptasi, mitigasi perubahan iklmi serta pengendalian kebakaran hutan/lahan (Karhutla).

"Jadi harapannya kendala yang ada di daerah bisa diketahui dan bisa menyusun dan memaksimalkan formula yang dibutuhkan oleh daerah itu sendiri," singkatnya.

BACA JUGA:

Sumber: