Manfaat Ikan Lele Untuk Kesehatan Tubuh Kita Yang Jarang Diketahui

Manfaat Ikan Lele Untuk Kesehatan Tubuh Kita Yang Jarang Diketahui

--

HEALTH, CURUPEKSPRESS.COM - Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang paling populer di Indonesia.

Jenis ikan ini disukai banyak orang karena rasanya yang enak dan kandungan gizinya yang kaya sehingga memberikan efek positif bagi kesehatan tubuh.

Karena rasanya yang unik dan kemudahan pengolahannya, ikan ini sangat populer di kalangan anak-anak maupun orang dewasa. Bagi yang suka makan ikan ini sebaiknya memperhatikan manfaat ikan lele untuk kesehatan fisik berikut ini:

 

1. rendah kalori dan lemak

100 gram lele hanya mengandung sekitar 122 kalori dan 6,1 gram lemak. Meskipun rendah kalori dan lemak, penting untuk memperhatikan jumlah pakan dan pengolahannya.

Jika tidak, kadar kalori, lemak, dan kolesterol ikan lele justru akan meningkat. Untuk mencegahnya, hindari menggoreng dan mengolah lele.

Sebagai gantinya, cobalah mengukus, merebus (sup), memanggang, atau memanggang. Disarankan juga untuk mengganti jenis lauk setiap hari.

Semakin banyak variasi yang Anda miliki, semakin kaya dan seimbang pola makan Anda untuk tubuh keluarga Anda.

BACA JUGA:

 

2. sumber protein lengkap

Ikan lele mengandung 15,6 gram protein berkualitas tinggi di setiap ekornya untuk memenuhi kebutuhan asam amino tubuh Anda. Protein berkualitas tinggi ini membantu tubuh Anda membangun massa otot tanpa lemak.

Selain itu, protein pada lele juga membantu meningkatkan efektivitas fungsi kekebalan tubuh.

Sumber: