Evaluasi SAKIP Bahas Persoalan OPD di Rejang Lebong

Evaluasi SAKIP Bahas Persoalan OPD di Rejang Lebong

IST/CE Rapat evaluasi SAKIP 2022 di Ruang Rapat Sekda, Rabu kemarin.--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong, pada Rabu (26/7) kemarin melakukan rapat evaluasi terhadap Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) tahun 2022.

Dimana terdapat sejumlah catatan yang diberikan Kemenpan RB kepada Rejang Lebong yang sejauh ini telah ditindak lanjuti.

Kabag Organisasi Setda Rejang Lebong, Risdarwin Irwan yang juga selaku Tim Evaluasi SAKIP Kabupaten mengatakan, lebih fokus lagi dalam rapat ini mengevaluasi OPD-OPD terkait apa saja yang telah mereka input dalam SAKIP.

BACA JUGA:

"Jadi kami Tim Evaluasi Kabupaten yang terdiri dari Inspektorat, Bappeda, Bagian Pembangunan dan Bagian Organisasi mengevaluasi apa apa saja yang sudah dikerjakan dan diinput OPD pada SAKIP ini," katanya.

Lanjut dia, Tim Evaluasi menampung serta menjawab persoalan atau kendala-kendala di OPD dalam hal menginput laporan dokumen SAKIP tersebut.

Ada OPD yang masih belum tahu atau bingung apa yang harus ditindaklanjuti, kemudian ada juga yang sudah menindaklanjuti tapi belum yakin apakah itu sudah benar atau belum sehingga hal itu ditanyakan kepada Tim Evaluasi.

"Karena Tim Evaluasi ini tadi lengkap, misal masalah pengawasan dijawab oleh Inspektorat, atau perencanaan itu dijawab oleh Bappeda. Jadi sesuai dengan bagian dan bidangnya masing-masing," terangnya.

BACA JUGA:

Dengan telah dilakukannya evaluasi ini, sebut Risdarwin, diharapkan penilaian SAKIP Pemkab Rejang Lebong tahun 2023 akan meningkat dari perolehan nilai di tahun 2022 lalu yang dapat predikat B.

"Ya tentu kami harapkan setelah dinilai lagi oleh Kemenpan nanti nilai kita naik semisal jadi B+ dan seterusnya. Atau minimal bertahanlah," ujarnya.

Diakuinya, memang masih terdapat beberapa catatan yang belum ditindaklanjuti oleh OPD, dikarenakan berbenturan dengan aturan dan ada yang belum memiliki regulasi.

Namun tetap hal itu akan menjadi catatan yang mesti diselesaikan.

Ia menambahkan, momen rapat evaluasi yang dilakukan pihaknya pada Rabu kemarin sangat pas, mengingat baru saja Kemenpan RB bersurat bahwa pada Rabu pekan depan Kemenpan mulai melaksanakan entry meeting sebagai tahapan evaluasi SAKIP.

Sumber: