Kepulangan Jamaah Haji Sempat Tertunda, Ini Penjelasan Kabag Kesra

Kepulangan Jamaah Haji Sempat Tertunda,  Ini Penjelasan Kabag Kesra

IST/CE Kepulangan jamaah haji ketika sampai di Masjid Agung Curup, Subuh tadi.--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Jamaah haji Rejang Lebong baru tiba dan sampai di Curup pada Rabu (26/7) sekira pukul 04.30 WIB. Ternyata tidak sesuai dengan perkiraan awal yang diprediksi bakal tiba sekitar pukul 01.00 - 02.00 WIB.

Demikian diungkapkan Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Rejang Lebong, Herwin Wijaya Kusuma MPdI saat dikonfirmasi wartawan, Rabu kemarin.

"Alhamdulillah total 224 jamaah haji kita sudah tiba di Curup menjelang subuh tadi (kemarin, red) atau sekira pukul 04.30 WIB," ungkapnya.

Dijelaskan Herwin, keterlambatan tiba itu dikarenakan pesawat yang terbang dari Madina menuju Padang malam itu delay, sehingga sampai ke Padang dan ke Bengkulu hingga ke Curup pun menjadi terlambat.

"Informasi yang kami peroleh, pesawat yang mengangkut para jamaah ini sempat delay alias bergeser jam terbangnya. Jadi kalau dari sananya sudah bergeser, maka ke sini nya pun juga ikut berdampak," bebernya.

Meski demikian, kata Herwin, bersyukur seluruh jamaah haji selamat sampai Curup dengan jumlah lengkap 224 orang tanpa kekurangan suatu apapun, termasuk tas dan koper aman. Mereka masuk Embarkasi Padang yang tergabung dalam kloter 17.

BACA JUGA:

"Ada 2 orang yang pada saat perjalanan pulang semalam itu kondisinya kurang sehat, jadi mereka memisahkan diri dari Bengkulu le Curup tidak naik bus tapi naik ambulan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor (Kakan) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rejang Lebong melalui Staf Kasi PHU, Heri mengatakan, keterlambatan jamaah haji tiba di Curup juga disebabkan oleh memilah-milah kembali tas dan koper para jamaah yang tercampur dengan jamaah haji kabupaten lain.

"Jadi tiba di Bengkulu lebih kurang pukul 00.00, lalu mengeluarkan tas jemaah yang dipilah makan waktu sampai satu jam lebih, karena tasnya campur dengan kabupaten lain," singkatnya. 

BACA JUGA:

Sumber: