Makanan Tinggi Karbohidrat Ini Tidak Membuat Gemuk

Makanan Tinggi Karbohidrat Ini Tidak Membuat Gemuk

ILUSTRASI/NET --

HEALTH, CURUPEKSPRESS.COMMakanan kaya karbohidrat seringkali menjadi "musuh" bagi orang yang sedang diet. Namun, ternyata banyak makanan tinggi karbohidrat yang tidak membuat gemuk.

Faktanya, sebagian besar ahli gizi, dokter, dan peneliti mendukung gagasan bahwa karbohidrat adalah zat gizi makro yang penting bagi kesehatan tubuh.

Sebuah meta-analisis studi tahun 2019 yang diterbitkan dalam Journal of The Lancet menunjukkan bahwa karbohidrat mungkin memiliki efek perlindungan metabolisme.

Dirangkum dari beberapa sumber berikut makanan karbohidrat tinggi yang sehat dan tidak akan membuat gemuk yang kemukakan oleh para ahli.

 

1. Pisang

Buah lain yang tinggi karbohidrat tetapi tidak menggemukkan adalah pisang. Buah ini juga membantu dalam penurunan berat badan.

 

2. Roti dan pasta

Roti dan pasta merupakan makanan yang banyak mengandung karbohidrat. Karbohidrat yang terdapat pada roti dan pasta juga memberikan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Menurut ahli gizi Dr. SuNui Escobar, DCN, RDN, dan karbohidrat menyediakan glukosa, yang penting untuk produksi energi dalam sel, termasuk otak.

Karbohidrat juga mengandung serat, vitamin dan mineral bermanfaat lainnya.

BACA JUGA:

3. Ubi jalar

Sumber: