Daftar Sekarang, Berangkat Haji 23 Tahun Lagi

Daftar Sekarang, Berangkat Haji 23 Tahun Lagi

DOK/CE Pelayanan calon jamaah haji di Kantor PLHUT Rejang Lebong.--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rejang Lebong, menyebut bahwa masa tunggu haji saat ini selama 23 atau 24 tahun.

Artinya apabila calon jamaah melakukan pendaftaran di tahun 2023, maka akan berangkat di tahun 2046 atau 2047 mendatang.

Demikian diungkapkan Kepala Kantor (Kakan) Kemenag Kabupaten Rejang Lebong, H Lukman SAg MHI melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU), M Adityawarman Budi saat diwawancara wartawan.

"Masa tunggu haji sekarang selama 23 atau 24 tahun bagi calon jamaah yang ingin mendaftar," katanya.

Lebih lanjut dirinya menerangkan, adapun untuk waiting list atau daftar tunggu jamaah haji di Kabupaten Rejang Lebong sampai saat ini tercatat sebanyak 4.800an jamaah.

Para jemaah tersebut merupakan calon jamaah haji (CJH) yang sudah mendaftar sejak tahun 2012 hingga tahun ini.

BACA JUGA:

"Jumlah daftar tunggu haji di daerah kita terus bertambah, yang mana sekarang saja sudah tembus diangka 4.800an, hampir 5.000 jamaah," ungkapnya.

Menurut dia, minat warga Kabupaten Rejang Lebong untuk menunaikan ibadah haji cukup tinggi dan akan terus bertambah setiap tahunnya seiring dengan meningkatnya perekonomian masyarakat dalam 15 kecamatan di Kabupaten Rejang Lebong.

"Karena pertumbuhan ekonomi masyarakat mulai pulih kembali, jadi yang mau naik haji banyak dan nambah terus," tuturnya.

Adit menjelaskan, dari total daftar tunggu haji yang hampir menyentuh angka 5.000 jemaah itu, seluruh jamaah sudah melakukan pembayaran awal senilai Rp 25 juta.

Sedangkan untuk biaya pelunasan belum diketahui sebab setiap tahunnnya berbeda-beda tergantung dengan instruksi dari Pemerintah Pusat.

"Kalau biaya pelunasan itu biasanya berbeda-beda setiap tahunnya," ujar Adit.

Belum lama ini Kemenag Rejang Lebong telah memulangkan jamaah haji sebanyak 224 orang yang tergabung dalam kloter 9 Embarkasi Padang.

Sumber: