Hhmm.. Tidak Ada Anggaran Pemeliharaan Lampu Jalan

Hhmm.. Tidak Ada Anggaran Pemeliharaan Lampu Jalan

NICKO/CE Salah satu lampu jalan di Kecamatan Seberang Musi yang rusak.--

KEPAHIANG, CURUPEKSPRESS.COM - Lantaran tidak ada dianggarkannya pemeliharaan lampu jalan di wilayah Kabupaten Kepahiang pada tahun 2023 ini.

Sejumlah titik di Kabupaten Kepahiang dinilai gelap gulita. 

Hal itu dikarenakan, saat ini sudah banyak lampu jalan di Kepahiang yang rusak dan belum diperbaiki secara maksimal.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kepahiang Febrian Hendra SSos mengatakan, pengusulan anggaran pemeliharaan lampu jalan di Kepahiang sudah diusulkan pihaknya melalui APBD 2023 lalu.

Hanya saja memang sampai saat ini, usulan tersebut belum juga bisa diakomodir oleh pemerintah, lantaran keterbatasan anggaran yang ada.

BACA JUGA:

"Dari pengecekan yang pihak kami lakukan, memang sudah banyak lampu jalan yang rusak. Bahkan sudah banyak juga masyarakat yang melapor adanya kerusakan lampu jalan itu. Hanya saja untuk saat ini, kita tidak bisa melakukan perbaikan secara maksimal, karena kita tidak memiliki anggarannya. Sehingga kebanyakan lampu yang dibiarkan saja mati dan menyebabkan banyaknya titik gelap," ujar Febrian.

Dikatakan Febrian, untuk usulan anggaran pemeliharaan jumlahnya mencapai Rp 1,7 miliar. Untuk itu pihaknya akan mengusulkan kembali anggaran pemeliharaan lampu jalan tersebut pada APBD-P nanti.

"Kita tidak tahu, pengusulan anggaran pemeliharaan lampu jalan ini bisa diakomodir atau tidak. Yang jelas tetap akan kita usulkan juga pada APBD-P nanti. Namun jika tidak juga diakomodir, kami tidak bisa berbuat banyak untuk lampu-lampu jalan yang rusak," terangnya.

Selain itu dijelaskan Febrian, selama ini sudah ada sejumlah lampu jalan yang dilakukan dengan anggaran seadanya.

Bahkan dikatakannya, bisa dikatakan sejumlah perbaikan lampu jalan yang dilakukan belakangan ini menggunakan anggaran pribadi.

BACA JUGA:

"Sudah ada beberapa lampu jalan yang kita perbaiki menggunakan anggaran ala kadarnya. Jadi jangan terlalu berharap banyak, jika perbaikan yang dilakukan tidak maksimal," ungkapnya.

Sementara itu berkaitan dengan bantuan 100 lampu jalan yang akan diberikan oleh bagian ESDM. Sampai saat ini belum ada kejelasan kapan akan direalisasikan.

Sumber: