Ini Alasannya Polusi Udara Bisa Mempercepat Penuaan Kulit

Ini Alasannya Polusi Udara Bisa Mempercepat Penuaan Kulit

ILUSTRASI/NET --

HEALTH, CURUPEKSPRESS.COM - Polusi udara dapat mempercepat penuaan kulit melalui berbagai mekanisme yang merugikan. Tentu saja kualitas udara yang buruk tidak baik bagi kesehatan Anda. Sistem pernapasan bukan satu-satunya yang terkena dampak polusi udara bahkan kulit pun bisa terdampak polusi udara yang buruk.

 

Beberapa alasan utama polusi udara dapat berkontribusi terhadap penuaan kulit adalah sebagai berikut:

 

Radikal Bebas:

Polusi udara mengandung zat kimia berbahaya seperti partikel mikro dan senyawa organik volatil. Paparan terhadap polutan ini dapat menyebabkan pelepasan radikal bebas di kulit.

Radikal bebas adalah molekul yang tidak stabil dan memiliki elektron yang tidak berpasangan, sehingga mereka merusak sel-sel kulit dengan mencuri elektron dari molekul-molekul sehat dalam kulit.

Ini dapat merusak kolagen dan serat elastin, yang penting untuk menjaga kekencangan dan elastisitas kulit.

 

Peradangan:

Partikel polusi mikroskopis dapat masuk ke dalam pori-pori kulit dan menyebabkan peradangan. Proses peradangan kronis dapat merusak kolagen dan elastin, yang mengarah pada keriput, garis-garis halus, dan kehilangan elastisitas kulit.

 

Stres Oksidatif:

Paparan polusi udara dapat meningkatkan stres oksidatif pada kulit. Stres oksidatif terjadi ketika jumlah radikal bebas melebihi kemampuan tubuh untuk menetralkan dan menghilangkan mereka.

Sumber: