SMPN 6 RL Laksanakan P5, Program Kompetensi Spiritual

 SMPN 6 RL Laksanakan P5, Program Kompetensi Spiritual

Antusias siswa SMPN 6 Rejang Lebong mengikuti kegiatan keagamaan. -Aziz/ce-

PENDIDIKAN, CURUPEKSPRESS.COM - Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 6 Rejang Lebong melaksanakan projek penguatan profil pelajar pancasila (P5). Kegiatan tersebut dengan melaksanakan program Kompetensi Spiritual.

Yang mana program tersebut akan dimulai sejak tahun ajaran 2023/2024 dengan bentuk baca tulis dan hafal alquran, belajar sholat wajib maupun sunnah, pembelajaran doa - doa harian, dan pendidikan keagamaan lainya. 

Hal tersebut dilaksanakan untuk bisa membentuk sikap yang mempunyai sopan dan satun yang baik, serta karakter yang baik.

Kepala SMPN 6 Rejang Lebong Suwanto MPd mengatakan bahwa, yang melatarbelakangi pihaknya membuat suatu terobosan tersebut dikarena saat ini sudah terjadi krisis spiritualitas pada diri anak dan remaja.

Sehingga tak jarang melihat adanya tindakan kriminalitas yang dilakukan anak - anak seperti perampokan, perjudian, tawuran antar sekolah, pembunuhan, kecanduan narkoba, melaksanakan sex bebas dan sebagainya yang dapat menghilangkan jati diri bangsa Indonesia, akibat tidak adanya keseimbangan antara nilai - nilai keagamaan pada setiap anak dengan perkembangan zaman.

BACA JUGA:Dihadiri Kadis Dikbud, SD 166 RL Sukses Gelar Pelepasan Siswa dan Panen Hasil P5

"Sikap dan perilaku merupakan poin yang utama yang harus dimiliki siswa, yang mana jika spiritualnya baik maka anak tersebut akan baik dan mudah diarahkan untuk belajar," ujar Kepsek.

Dikatakan Kepsek pihaknya menekankan program tersebut dilaksanakan untuk seluruh siswa yang saat ini sedang duduk di bangku kelas VII dan Kelas VIII yang telah menerapkan kurikulum merdeka. Siswa minimal bisa menghafal sebanyak 20 Surat dari 30 Juz Alquran serta terbiasa dalam pengamalan doa - doa harian selama tiga tahun sehingga siswa tersebut tamat dari SMPN 6 Rejang Lebong.

BACA JUGA:Melalui Ekspo Education Festival 2023 SDIT Rabbi Radhiyya Gelar Panen Hasil P5

"Untuk memantau ketercapaian siswa, kami juga sudah menyediakan buku catatan dan jadwal kegiatan supaya bisa memantau ketercapaian siswa yang sudah menjadi target kami selama 3 tahun nanti," tuturnya.

Sementara itu, kepsek mengatakan bahwa pihaknya mengharapkan bahwa program tersebut tidak hanya bisa dilaksanakan di sekolah yang dipimpinnya saja, akan tetapi kegiatan tersebut bisa dilaksanakan oleh seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

Dan pihaknya akan mengusulkan bahwa program tersebut bisa menjadi program Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Rejang lebong.

BACA JUGA:SDN 105 RL, Tanamkan Kreativitas melalui Bazar P5

"Insyaallah kami akan melaksanakan sosialisasi program tersebut kepada seluruh SMP kabupaten Rejang Lebong, yang mana dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Polsek Curup, Dikbud Rejang Lebong, dan Baznas Rejang Lebong yang juga akan memberikan alquran kepada SMPN 6 Rejang Lebong, yang akan kami salurkan kepada seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Rejang Lebong pada Rabu (30/8) hari ini di Aula SMPN 6 Rejang Lebong," terangnya.

Sumber: