Dijamin Mudah, Begini Strategi Ampuh Agar Pengajuan KUR BRI Cepat Disetujui dan Langsung Cair

Dijamin Mudah, Begini Strategi Ampuh Agar Pengajuan KUR BRI Cepat Disetujui dan Langsung Cair

Ilustrasi--

EKBIS, CURUPEKSPRESS.COM - Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan pinjaman yang sangat berharga bagi UMKM di Indonesia. Salah satu lembaga penyalurnya yakni Bank BRI. Meskipun pengajuan KUR BRI 2023 tergolong mudah, namun belum pasti permohonan kamu disetujui. 

Oleh karena itu, penting untuk merancang taktik yang tepat agar pengajuan KUR di BRI mendapat persetujuan. Dimana ini bertujuan untuk mengurangi risiko penolakan kredit. Lantas, bagaimana caranya agar pengajuan KUR milikmu berpeluang besar di setujui oleh. pihak bank. Berikut beberapa strategi yang bisa digunakan, diantaranya :

Skor Kredit BI Checking

Penting untuk mengingat bahwa menjaga skor kredit yang positif merupakan langkah awal yang perlu diperhatikan. Skor kredit mencatat seluruh riwayat pengajuan pinjaman atau kredit yang pernah diajukan di institusi keuangan sah mana pun. 

BACA JUGA: 

Di sisi lain, lembaga perbankan akan mengevaluasi cara kamu mengelola kewajiban pembayaran, termasuk pinjaman properti, kendaraan, dan barang elektronik. Dengan skor kredit yang tinggi, kamu memberikan bukti kemampuan dalam membayar pinjaman dengan tepat waktu. Namun, jika skor kredit buruk, dapat menjadi hambatan untuk mendapatkan pinjaman. 

Dengan demikian, ada baiknya kamu periksa secara berkala dan lakukan perbaikan agar lulus dalam penilaian BI Checking.

Penuhi Syarat KUR

Setiap bank termasuk BRI memiliki persyaratan yang berbeda dalam memberikan pinjaman. Tetapi kamu perlu menyiapkan dokumen seperti KTP, Kartu Keluarga, slip gaji, NPWP, buku tabungan, serta dokumen kepemilikan aset.

Ajukan Pinjaman Sesuai Kemampuan

Dalam hal ini juga, BRI sebagai salah satu bank penyalur akan mengevaluasi kemampuan kamu untuk membayar angsuran KUR. Di sisi lain, penting bagi kamu untuk tidak mengajukan pinjaman dengan jumlah yang terlalu tinggi dibandingkan dengan pendapatan Anda.

Tentukan Jangka Waktu Pinjaman (Tenor)

Tenor mengacu pada periode waktu pinjaman yang akan kamu pilih. Memilih tenor yang lebih lama akan mengurangi cicilan bulanan, tetapi total bunga yang harus dibayar akan lebih besar. Sebaliknya, tenor yang lebih pendek dapat mengurangi jumlah bunga yang harus dibayar secara keseluruhan. Pastikan memilih tenor yang sesuai dengan kemampuan pembayaran kamu. 

 

Sumber: