Mengenal Apa Itu Kepribadian Inrovert, Ekstrovert dan Ambivert

Mengenal Apa Itu Kepribadian Inrovert, Ekstrovert dan Ambivert

ILUSTRASI/NET --

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM - Kepribadian kalian bisa menentukan bagaimana kalian berinteraksi dan bereaksi terhadap dunia sekitar. 

Kalian pasti sudah pernah mendengar seseorang yang mendeskripsikan dirinya sebagai introvert, ekstrovert, dan ambivert. Tapi apa kalian sudah tahu apa definisi dan perbedaan dari masing-masing kepribadian ini?

 

1. Intovert

 

INTROVERT adalah jenis kepribadian yang lebih berfokus dan nyaman pada pikiran dan perasaan diri sendiri. Introvert adalah kepribadian yang sering kali disalahartikan sebagai pemalu dan suka menyendiri. 

Perlu diluruskan, pemalu atau suka menyediri dan introvert adalah dua hal yang berbeda. Pemalu digolongkan sebagai salah satu jenis gangguan kecemasan yang membuat seseorang merasa tidak nyaman dan khawatir saat bersosialisasi atau berada di situasi sosial tertentu.

Namun, individu dengan kepribadian introvert tidak demikian. Mereka memang lebih suka menyendiri, namun mereka tidak masalah jika harus berada di dalam lingkungan sosial.

BACA JUGA:

2. Ekstrovert 

 

BERDASARKAN teori kepribadian Carl Jung, seorang ekstrovert dikatakan lebih mudah bergaul dan suka bersosialisasi. Ini karena orang yang ekstrovert mendapatkan energi dengan cara menghabiskan waktu bersama orang lain, baik keluarga, tetangga, kerabat, maupun sahabat.

Hal tersebut berbanding terbalik dengan introvert yang cenderung pendiam dan menyukai aktivitas pribadi, karena orang dengan tipe kepribadian ini memperoleh energi dengan menghabiskan waktu sendirian.

 

Sumber: