Bawaslu Minta Support Pengawasan Pilkada 2024

Bawaslu Minta Support Pengawasan Pilkada 2024

Pranoto Majid--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Menjelang pemilihan umum tahun 2024, Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Rejang Lebong lakukan audiensi dengan Bupati Rejang Lebong, pada Kamis (7/9) kemarin di Ruang Rapat Bupati.

Asisten I Setda Rejang Lebong, Pranoto Majid SH MSi yang diwawancara wartawan mengatakan, bahwa kunjungan Bawaslu tersebut dalam rangka meminta dukungan serat support dari Pemkab Rejang Lebong berkaitan dengan anggaran dana hibah untuk pelaksanaan Pilkada tahun 2024.

"Kunjungan mereka (Bawaslu, red) audiensi ini, minta support anggaran dana hibah dari Pemkab di Pilkada tahun depan," ucapnya.

Ia melanjutkan, berkaitan dengan hal tersebut tentu Pemkab Rejang Lebong memasukkan ke dalam rencana Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD) 2024 dan telah masuk pembahasan. Hanya tinggal besaran nominalnya, yang akan disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

"Perihal itu sudah kami bahas dan masuk di 2024, cuma memang masih akan dibahas lagi untuk besaran anggarannya tergantung kemampuan keuangan," jelasnya.

BACA JUGA:

Namun menurut Pranoto, paling tidak nominal sementara yang telah diplot untuk dana hibah Pilkada 2024 ke Bawaslu dirasa sudah cukup. Pasti ada kenaikan dibandingkan dengan besaran jumlah dana hibah Pilkada di tahun sebelumnya.

"Kalau angkanya berapa itu ada di Kesbangpol, karena saya kurang hafal termasuk juga yang KPU. Tapi yang ada sekarang itu masih angka sementara dari proposal yang diajukan ke Pemkab," bebernya.

Selain itu, sebut dia, Pemkab juga telah menghibahkan tanah beserta bangunan Kantor Bawaslu sepenuhnya kepada Bawaslu Rejang Lebong.

Diharapkan gedung alias kantor itu bisa segera dibangun dengan tatanan yang baru melalui dana APBN Bawaslu RI.

"Mereka juga berterima kasih atas hibah kantor yang ditempati itu. Karena memang Pemkab juga sudah lumayan lah membantu, tinggal Bawaslu lagi yang mengembangkan atau merenovasi gedung itu," tuturnya.

BACA JUGA:

Kemudian Bawaslu juga memperkenalkan Komisioner serta para anggota yang baru. Komisioner Bawaslu ada tiga orang antara lain, Ketua Ahmad Ali, anggota Abror dan Mediyanto. Mereka bersilaturahim dengan Pemkab Rejang Lebong karena baru saja dilantik.

"Intinya perkenalan dengan Komisioner Bawaslu yang baru, karena memang mereka wajah-wajah baru semua," tukasnya.

  •  

Sumber: