Peringati Hari Kunjungan Perpustakaan, Siswa SD Literasi Qurani Belajar di Perpusda

Peringati Hari Kunjungan Perpustakaan, Siswa SD Literasi Qurani Belajar di Perpusda

Aziz/CE Antusias Siswa SD Literasi Qurani Belajar di Perpusda. --

PENDIDIKAN,CURUPEKSPRESS.COM - Pada momen peringatan hari kunjungan perpustakaan ke 28 tahun, yang diperingati pada setiap 14 September.

Sebanyak 40 orang siswa SD Literasi Qurani melaksanakan kegiatan belajar mengajar di perpustakaan daerah Kabupaten Rejang Lebong.

Kegiatan tersebut dilakukan untuk meningkatkan semangat literasi sejak usai dini dengan gemar melakukan kunjungan ke perpustakaan. Serta memperkenalkan perpustakaan tersebut kepada seluruh siswa sekolah tersebut.

Ketua Yayasan Literasi Kita Indonesia Dr. Sumarto, M Pd I, mengatakan bahwa perpustakaan merupakan sebuah jantung dari pendidikan, sumber informasi pembelajaran, dan proses diskusi untuk melahirkan karya, orientasi untuk budaya literasi, kesejahteraan, peradaban suatu bangsa.

BACA JUGA:

Sehingga seluruh siswa sekolah tersebut pihaknya arahkan untuk melaksanakan pembelajaran di Perpustakaan Daerah tersebut.

"Kegiatan ini akan menjadi agenda rutin kami lakukan untuk memperkenalkan perpustakaan Daerah Kabupaten Rejang Lebong  kepada seluruh siswa SD Literasi Qurani," ujar Sumarto.

Dikatakan Sumarto bahwa dunia pendidikan sangatlah penting jika diawali oleh perpustakaan, yang mana siswa tersebut dapat mengenal buku lalu membacanya, supaya siswa tersebut bisa mencintai perpustakaan, mencintai buku - bukunya, serta mencintai budaya literasi yang saat ini sedang di kembangkan.

"Melalui kegiatan ini kami ingin anak - anak tersebut bisa lebih mencintai buku, mencintai perpustakaan, dan juga kami akan melakukan pendalaman materi di sekolah setelah kunjungan ini," terangnya.

BACA JUGA:

Sementara itu, Kepala Bidang Penyelenggaraan Perpustakaan Daerah Kabupaten Rejang Lebong, Esna Liyanti S Sos bahwa selain memfasilitasi para siswa untuk mengunjungi perpustakaan daerah untuk membaca buku - buku, dan pihaknya juga melaksanakan program perpustakaan keliling, yang mana usaha tersebut untuk menarik minat siswa untuk membaca pasca pandemi covid 19 beberapa waktu lalu.

"Untuk saat ini selain mengunjungi perpustakaan daerah, kami juga melaksanakan jemput bola melaksanakan perpustakaan keliling ke sekolah - sekolah SD, SMP, dan SMA di kabupaten Rejang Lebong hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kembali minat baca para pelajar dan seluruh masyarakat di Kabupaten Rejang Lebong, dan kami juga sudah melaksanakan kerjasama kepada sekolah - sekolah dan komunitas - komunitas penggagas budaya literasi di Kabupaten Rejang Lebong, harapan kami adanya perpustakaan ini bisa menjadi jembatan ilmu bagi anak - anak dan masyarakat Rejang Lebong," pungkasnya. 

Sumber: