Begini Penjelasan Mengapa Telapak Tangan Sering Berkeringat ?

Begini Penjelasan Mengapa Telapak Tangan Sering Berkeringat ?

ILUSTRASI/NET--

HEALTH,CURUPEKSPRESS.COM-Tangan yang sering berkeringat adalah kondisi medis yang dikenal dengan istilah hiperhidrosis palmaris.

Hiperhidrosis adalah istilah medis untuk peningkatan produksi keringat yang melebihi kebutuhan tubuh untuk menjaga suhu tubuh. Ini bisa mempengaruhi berbagai bagian tubuh, termasuk telapak tangan.

Berikut penjelasan mengapa telapak tangan sering berkeringat menurut seorang dokter:

 

1. Regulasi Suhu Tubuh:

Salah satu fungsi utama keringat adalah mengatur suhu tubuh. Saat suhu tubuh meningkat, sistem saraf otonom akan merespons dengan meningkatkan produksi keringat untuk membantu mendinginkan tubuh.

Namun, pada beberapa individu, sistem saraf ini dapat terlalu aktif, yang mengakibatkan keringat berlebihan pada telapak tangan bahkan dalam situasi yang tidak memerlukan pendinginan berlebih.

 

2. Faktor Genetik:

Hiperhidrosis palmaris sering kali memiliki komponen genetik.

Ini berarti jika ada anggota keluarga Anda yang menderita kondisi ini, Anda lebih berisiko untuk mengalaminya.

BACA JUGA:

 

3. Emosi dan Stres:

Stres, kecemasan, atau gugup dapat memicu peningkatan produksi keringat, termasuk pada telapak tangan. Ini adalah respons alami tubuh terhadap situasi stres yang dikenal sebagai respons "fight or flight".

Namun, pada beberapa orang dengan hiperhidrosis palmaris, respons ini dapat berlebihan dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

 

4. Efek Samping Obat-obatan:

Beberapa obat-obatan tertentu, seperti antidepresan atau obat untuk tekanan darah tinggi, dapat menyebabkan keringat berlebihan sebagai efek sampingnya.

BACA JUGA:

5. Gangguan Medis:

Dalam beberapa kasus jarang, keringat berlebih pada telapak tangan dapat menjadi tanda adanya gangguan medis yang lebih serius, seperti gangguan tiroid atau diabetes.

Namun, ini lebih jarang terjadi.

 

6. Faktor Lingkungan:

Suhu panas, kelembaban tinggi, dan lingkungan yang panas dapat meningkatkan produksi keringat pada semua orang, termasuk telapak tangan.

 

Jika Anda mengalami masalah berkeringat berlebih pada telapak tangan yang mengganggu aktivitas sehari-hari Anda, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Dokter dapat membantu mendiagnosis penyebabnya dan memberikan pilihan perawatan yang sesuai, termasuk perawatan topikal, obat-obatan, atau tindakan medis seperti botox atau operasi jika diperlukan.

Keputusan perawatan akan tergantung pada tingkat keparahan dan dampak kondisi hiperhidrosis palmaris pada kualitas hidup Anda.

Sumber: