Danau Toba Salah Satu Danau Terbesar di Asia Tenggara

Danau Toba Salah Satu Danau Terbesar di Asia Tenggara

Indahnya Pesona Danau Toba --

CURUPEKSPRESS.COM - Untuk anda yang mengujungi Sumatera Utara (Medan) sangat tidak lengkap jika tidak mengunjungi Danau Toba.

Pasalnya danau yang satu ini menjadi salah satu danau terbesar di Asia Tenggara, mari kenali seluk-beluk keindahan Danau Toba dan pulau-pulau di sekitarnya.

Danau Toba menghadirkan keajaiban alam yang cukup mengesankan.

Danau Toba sendiri memiliki kedalaman 450 meter dan luas lebih dari 1.145 kilometer persegi. Diperkirakan, awal mula terbentuknya danau raksasa ini adalah dari letusan dahsyat sebuah gunung yang bernama gunung Toba.

Letusan yang terjadi sekitar 74 ribu tahun yang lalu membentuk sejumlah pulau-pulau di sekitarnya. Di tengah danau vulkanik terbesar di dunia juga terdapat sebuah pulau yang berukuran cukup besar, yaitu Pulau Samosir.

Pulau Samosir menjadi ikon keindahan Danau Toba yang juga merupakan tempat wisata. Konon, sejarah Danau Toba terbentuk karena terbongkarnya rahasia seorang putri jelmaan ikan mas.

BACA JUGA:

Disebut sebagai wisata Danau Toba karena adanya salah satu petani bernama Toba yang senang bercocok tanam di desanya.

Terlepas dari hal tersebut, Danau Toba merupakan tempat dengan udara sejuk dan kondisinya masih asri. Tidak heran, danau ini menjadi tempat yang sangat sempurna untuk bersantai dan menikmati pemandangan.

Wisatawan juga akan disuguhkan keindahan pemandangan deretan pegunungan dan pepohonan hijau. Danau Toba adalah salah satu wisata yang terletak di Sumatera Utara dan dikelilingi sejumlah kabupaten.

Kabupaten-kabupaten tersebut bernama Simalungun, Toba Samosir, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Dairi, Karo, dan Samosir.

Rute menuju tempat wisata ini sudah semakin mudah dengan beragamnya moda transportasi. Untuk mencapai kawasan ini, wisatawan perlu berangkat dari Kota Medan, ibu kota Sumatera Utara.

Menuju Kota Medan dapat menggunakan transportasi udara (pesawat) dan darat (mobil atau bus).

Sesampainya di Bandara Kuala Namu, anda dapat langsung melanjutkan penerbangan ke Bandara Internasional Sisingamangaraja XII.

BACA JUGA:

Setelah tiba, lanjutkan perjalanan dengan menggunakan taksi umum untuk menuju destinasi akhir Danau Toba.

Mode transportasi ini terbilang memiliki harga yang affordable, dengan jenis angkutan yang sharing dengan penumpang lain.

Selain itu, bisa juga naik kereta api menuju Stasiun Medan.

Lanjutkan dengan naik angkutan ke Terminal Medan. Waktu yang ditempuh dari Terminal Medan ke Terminal Parapat, yakni sekitar 4-5 jam lamanya.

Sumber: