Kenali Modus Baru Begal, Jaga Diri Anda Agar Jangan Sampai jadi Korban

Kenali Modus Baru Begal, Jaga Diri Anda Agar Jangan Sampai jadi Korban

IST/CE Screenshot video penangkapan begal di Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau.--

 

Awalnya, mobil ambulans tersebut terlebih dahulu melindas ranjau paku yang sengaja dipasang oleh pelaku kejahatan. Kemudian setelah mobil berhenti dan pengendara ingin mengganti ban mobil, datanglah pelaku dengan menawarkan pertolongan. Padahal saat itu, salah satu pelaku dari 7 pelaku itu tengah melakukan pengintaian. 

 

Setelah lengah, para pelaku langsung menjalankan aksinya. Mirisnya, korbannya adalah Nakes yang saat itu tengah bekerja dalam membantu penanganan Covid-19. Bahkan kasus tersebut, juga menjadi sorotan hingga nasional. 

 

2. Menukar Plat Nomor Kendaraan

 

Modus yang juga harus diwaspadai, adalah pelakunya menukar plat motor asli dengan plat motor yang telah dipersiapkan sebelumnya. Kejadian dengan modus ini, juga pernah terjadi di wilayah hukum Polda Metro Jaya beberapa waktu lalu. 

 

Jadi, lokasi yang menjadi aksi begal ini bukan jalan raya, jalan sepi atau sebagainya. Namun modus ini terjadi di parkiran tempat perbelanjaan. 

 

Setelah pelat nomor terpasang dengan rapi, para pelaku dengan mudah mengeluarkan kendaraan dari tempat parkir tanpa masalah, karena kendaraan yang dicuri akan sesuai dengan STNK yang mereka miliki. Jika petugas loket menanyakan, pencuri dengan mudah akan mengklaim bahwa tiket parkirnya hilang.

 

Maka dari itu, untuk mengatasi masalah ini, petugas kepolisian menganjurkan agar kita memarkirkan kendaraan kita di area yang dapat diawasi dengan baik oleh petugas loket dan orang-orang yang berada di sekitarnya. Selain itu, disarankan juga untuk menggunakan kunci pengaman tambahan sebagai langkah pencegahan.

 

Sumber: