Cara Agar Hidup Kita Diurus Oleh Allah

Cara Agar Hidup Kita Diurus Oleh Allah

Ustad Hanan Attaki--

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM - Ustadz Hanan Attaki dalam ceramah singkat di channel youtube @HannaJannah8 menjelaskan kepada umat muslim bagaimana caranya agar hidup kita itu diurus dan dijaga oleh Allah Subhanahu wa taala.

Kata para ulama, caranya adalah berikan hak Allah dalam setiap nikmat yang ada dalam kehidupan kita.

"Ketika Allah memberikan kita nikmat harga, berikan hak Allah dalam bentuk zakat dan sedekah. Ketika Allah berikan kita nikmat kesehatan dan waktu luang, berikan hak Allah dengan dua rakaat salat, dengan membaca Al-Quran, dengan dzikir, barikan hak Allah di dalam waktu kita, dalam harta kita, dalam kesehatan kita, di dalam keluarga kita," terang Ustadz Hanan.

Da'i muda yang dekat dengan anak-anak muda ini mengajak kita untuk selalu berpikir, apa hak Allah di dalam setiap anugerah yang sedang saya nikmati ini. Sehingga dengan demikian Allah akan menjaga hidup kita, merawat hidup kita, dan menjamin kebaikan dunia dan akhirat untuk kita. 

Selain itu Ustadz Hanan juga mengajak kita agar selalu melibatkan Allah di segala aktivitas, jika tidak ingin bosan dalam menjalankan kehidupan.

BACA JUGA:

Di dalam Surat Taha ayat 46 Allah berfirman yang artinya, "Janganlah kamu berdua khawatir, sesungguhnya Aku bersama kamu berdua, Aku mendengar dan melihat". Ayat ini menceritakan kisah tentang perjalanan hidup Nabi Musa dan Harun Alahi Salam.

Kemudian Surah Asyu'ara ayat 62 Allah juga berfirman yang artinya, "Dia (Musa) berkata, sekali-kali tidak. Sesungguhnya Tuhanku bersamaku, Dia akan memberi petunjuk kepadaku".

UHA menjelaskan, kedua ayat ini memberikan pengertian kepada kita bahwa libatkan Allah sedari awal hingga akhir. Jadi bukan hanya di awal saja atau di akhir saja.

Tapi bagaimana kita selalu libatkan Allah sehinggal muncullah kebersamaan Allah di hidup kita dari awal hingga akhir kehidupan. 

Bagaimana caranya, pastikan apa yang kita lakukan itu benar/kebaikan dan ada dijalan Allah (Fisabilillah). Ketika kita fisabilillah, baik dalam urusan karir, dalam urusan hubungan, urusan keluarga, urusan belajar dan dalam urusan apapun dalam hidup kita dan niatnya itu karena Allah, pasti Allah akan terlibat.

Sumber: