Selain Anggrek, Bunga Jenis Gerbera Turut Mengisi Kebun Bunga Ibu Tien Soeharto di Mangkurajo

 Selain Anggrek, Bunga Jenis Gerbera Turut Mengisi Kebun Bunga Ibu Tien Soeharto di Mangkurajo

jenis bunga garbera.-ist-

 

CURUPEKSPRESS.COM - Cerita keberadaan kebun bunga milik Ibu Tien Soeharto yang berada wilayah Mangkurajo yakni salah satu Desa di Kecamatan Lebong Selatan, Kabupaten Lebong. Tentu saja sangat menarik untuk kita ketahui. Terutama mengenai apa saja jenis bunga yang ada di kebun bunga Ibu Tien Soeharto tersebut.

Pastinya kebun bunga Ibu Tien Soeharto tersebut terdapat banyak tanaman bunga yang langka dan susah untuk ditemui dimana pun. Apalagi saat itu warga setempat kala itu hanya bisa melihat dari kejauhan, lantaran lokasi tersebut dilakukan penjagaan  ketat oleh pihak keamanan.

 Akan tetapi setelah membaca salah satu komentar akun istagram @Liza Apriyanti didalam artiket yang di tulis oleh media Curup Ekspress yang berjudul "Teryata Benar Ada Bekas Kebun Bunga Tien Soeharto di Curup Rejang Lebong yang Tidak Banyak Dietahui" yang di posting pada Selasa (26/9) kemarin.

BACA JUGA:

Dirinya membenarkan hal tersebut. Dan dia menceritakan bahwa neneknya sering di berikan oleh - oleh pulang ketika berkunjung di lokasi kebun bunga Ibu Tien Soeharto tersebut berupa bunga aibrush sebayur. Atau masyarakat Indonesia lebih sering menyebut bunga hebras atau gebras serta bunga gerbera. 

Dimana bunga tersebut sangat cocok untuk dikembangbiakan baik itu di daerah dataran tinggi ataupun juga di dataran rendah. Bunga tersebut tergolong spesies tanaman Asteraceae yang mempunyai warna mencolok seperti merah, oranye, kuning dan merah jambu. 

"Kami udh tahu min.. dulu nenek kami syahri nek janggo skg diajak kesana puluangnya sering dikasih bibit bunga aibrush sebayur namanya dulu kalau idak salah waktu kami kecik," sampainya.

BACA JUGA:

Adapun sekilas mengenai tanaman anggrek Ibu Tien yakni memiliki ciri khas batang yang pendek, ditutupi daun hanya berkisar 6-10 lembar saja. Bila dilihat dari samping anggrek ini membentuk huruf V dengan tandan bunga yang tumbuh tegak di samping batang sepanjang 50-100 cm. 

Tandan bunga ini biasanya memuat 10-20 bunga dengan diameter berkisar 3.5 cm. Kelopak bunga anggrek ini berwarna kehijauan.

Sedangkan bibir bunga berwarna putih dengan bintik-bintik bulat berwarna merah kecoklatan. Anggrek Tien Soeharto juga memiliki bunga yang cenderung tebal serta tidak memiliki aroma yang kuat.

Anggrek Tien Soeharto hanya bisa tumbuh dengan baik di daratan tinggi yakni pada ketinggian 1700-2600 meter di atas permukaan laut. Sedangkan di dataran rendah, anggrek ini tidak dapat tumbuh dengan baik.

Hanya saja jika tetap ingin memelihara anggrek ini di dataran rendah Anda bisa membuat rumah kaca dengan temperatur yang tepat agar Anggrek Tien Soeharto bisa tumbuh dengan optimal. 

Sumber: