Luas Bekas Kebun Ibu Tien Soeharto di Mangkurajo Capai Ribuan Hektar

Luas Bekas Kebun Ibu Tien Soeharto di Mangkurajo Capai Ribuan Hektar

Ini area perkebunan kopi yang konon dahulunya bekas kebun milik Ibu Tien Soeharto.-Ari/ce-

 

CURUPEKSPRESS.COM - Konon penuturan cerita oleh salah seorang tokoh masyarakat Desa Mangkurajo Kecamatan Lebong Selatan Kabupaten Lebong. Bahwa bekas kebun Ibu Tien Soeharto di desa Mangkurajo tersebut sangat luas. Diperkirakan mencapai 750 sampai 1.500 hektar.

Area perkebunan milik Ibu Tien Soeharto tersebut terbentang dari Dusun II Desa Mangkurajo hingga ke pegunungan arah selatan Kabupaten Lebong.

 

Diceritakan juga, dengan lahan seluas itu dulunya ada banyak jenis tanaman yang ditanam. Selain kebun bunga, juga ada kebun kopi yang membentang hampir seluruh kawasan kebun milik Ibu Tien Soeharto.

Kemudian ada juga tanaman asparagus, kebun stroberi, ada bunga anggrek juga.

BACA JUGA:

Namun memang, untuk kondisi sekarang sudah tentu berubah. Karena cerita kebun bekas Ibu Tien Soeharto terjadi sekitar lebih dari 30 hingga 40 tahun lalu. 

Yang mana berdasarkan cerita warga dan amatan langsung penulis, areal yang dahulunya itu bekas kebun milik Ibu Tien Soeharto, hampir secara keseluruhan sudah menjadi lahan perkebunan kopi yang dikelola oleh warga.

 

Baik itu warga Desa Mangkurajo sendiri, warga dari desa tetangga Desa Suka Sari maupun warga dari luar Desa Mangkurajo lainnya.

Selain perkebunan kopi, lahan kebun bekas milik Tien Soeharto di Desa Mangkurajo juga ada yang ditanami buah jeruk dan palawija.

BACA JUGA:Kebun Bunga Ibu Tien Soeharto Ibaratkan Berada di Atas Awan dan Berupa Hamparan Ratusan Hektar

Informasi yang diperoleh dari tokoh masyarakat yang dianggap sepuh di Desa Mangkurajo itu juga, jika dahulu ada sebuah perseroan terbatas (PT) Way Sebayur yang membawahi dan mengelola perkebunan kopi di areal sekitar Kebun Bunga bekas Ibu Tien Soeharto.

Sumber: