Fakta Ibu Tien Soeharto Dimakamkan Diatas Bukit di Jawa Tengah

 Fakta Ibu Tien Soeharto Dimakamkan Diatas Bukit di Jawa Tengah

Screenshot ig @ramboramaa wajah Astana Giribangun tampak dari depan.-ist-

 

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM - Ibu Tien Soeharto istri dari Presiden RI kedua HM Soeharto telah lama meninggal. Tahukah kamu dimana lokasi persis makam dari almarhumah Ibu Tien Soeharto berada?

Astana Giribangun atau makam Ibu Tien Soeharto berada di Desa Girilayu, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Ibu Tien Soeharto diketahui menghembuskan nafas terakhirnya pada tanggal 28 April 1996.

Makam dari Ibu Tien Soeharto yang memiliki nama asli Siti Hartinah ternyata dimakamkan di atas sebuah bukit, sebelum akhirnya kini menjadi sebuah komplek pemakaman keluarga, Astana Giribangun.

BACA JUGA:

Berdasarkan penuturan dari juru kunci Astana Giribangun, Sukirno, pembangunan kompleks makam ini berawal saat Ibu Tien Soeharto menunjuk lokasi tersebut untuk perluasan Astana Mangadeg yang berada tak jauh dari Astana Giribangun.

Sebagai informasi, Astana Mangadeg merupakan makam Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara I yang bernama lahir Raden Mas Said atau dikenal dengan julukan Pangeran Sambernyawa. Di Astana Mangadeg terdapat pula makam Mangkunegara II dan III.

Kompleks Astana Giribangun dibangun di atas bukit Ngaglik seluas kurang lebih 4,3 hektar. Sebelum ada Astana Giribangun, di lokasi tersebut terdapat kompleks makam dari keluarga Pura Mangkunegaran, yaitu Astana Mangadeg.

Astaga Giribangun sendiri dibangun pada tahun 1974, dan diresmikan pada tanggal 23 Juli 1976. Di Kompleks ini keluarga mantan Presiden Soeharto atau yang dikenal sebagai keluarga Cendana dimakamkan.

Kabarnya dahulu, Ibu Tien Soeharto dan Soeharto kerap berziarah ke Astana Mangadeg. Hal tersebut lantaran Ibu Tien Soeharyo merupakan keturunan KGPAA Mangkunegara III.

BACA JUGA:Hari Batik Nasional: Ini Motif Batik Favorit Ibu Tien Soeharto

Seperti diketahui juga keistimewaan dari Astana Giribangun ini karena lokasinya yang berada di atas bukit, sehingga ketika berada di sana akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah dan suasana yang sejuk.

Sehingga siapapun yang berada dan berkunjung ke Astana Giribangun bisa membuat suasana nyaman pada saat berada di kawasan kompleks makam tersebut.

Sumber: