Hari Batik Nasional: Ini Motif Batik Favorit Ibu Tien Soeharto

Hari Batik Nasional: Ini Motif Batik Favorit Ibu Tien Soeharto

Tien Soeharto dan istri-istri pejabat negara -Screenshot Instagram @jejaksoeharto-

CURUPEKSPRESS.COM - Siti Hartinah atau yang akrab disapa Ibu Tien Soeharto adalah istri presiden kedua, yakni HM Soeharto. Pada Hari Batik Nasional ini,  2 Oktober 2023 nama Tien Soeharto kembali mengudara. Bagaimana tidak, Tien Soeharto dikenal sebagai sosok berkebaya dan kerap menggunakan batik setiap harinya.

Anak kedua dari pasangan KPH Soemoharjomo dan Raden Ayu Hatmohoedojo, keturunan keempat dari Mangkunagara III, Tien Soeharto ini tak pernah bosannya mengenalkan ciri khas busana nasional Indonesia ini. Ia rutin menggunakan batik di setiap acara penting, seperti mendampingi suaminya, Soeharto ke luar negeri dalam memenuhi undangan dan melaksanakan tugas negara.

Jika saja kita perhatikan, ibu negara kedua yang kita kagumi ini kerap menggunakan beberapa jenis motif batik. Yang diiming-iming sebagai batik kesukaannya. Apa saja? Simak urainnya di bawah ini:

 

BACA JUGA:

 

1. Motif Batik Sekar Jagad


Motif Batik Sekar Jagad-Screenshot Instagram @oesmanheriyanto-

Semasa hidupnya, Tien Soeharto kerap mempopulerkan motif batik Sekar Jagad, motif batik kepunyaan Mangkunegaran. Saat Tien Soeharto bepergian bersama Presiden Soeharto, termasuk ke luar negeri, ia kerap mengenakan batik bermotif Sekar Jagad ini.

BACA JUGA:

 

Kesukaan Tien Soeharto terhadap pola ini bukan tanpa alasan. Dari segi filosofis, corak batik Sekar Jagad juga mempunyai makna  luhur. Tema ini mencakup makna keindahan dengan corak yang beragam. Tien Soeharto ingin menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia adalah negara dengan budaya yang beragam. 

BACA JUGA:

 

Sumber: