Keinginan Membangun Masjid Megah Ternyata Terucap Saat Tien Soeharto Berada di Mekkah

Keinginan Membangun Masjid Megah Ternyata Terucap Saat Tien Soeharto Berada di Mekkah

Masjid At Tin.-ist-

CURUPEKSPRESS.COM - Masjid Agung yang megah nan indah yang diberi nama Masjid At-Tin terletak di Jalan Raya Taman Mini, Makasar Jakarta Timur. 

Ternyata bangunan megah yang dibangun oleh Keluarga Presiden Kedua Republik Indonesia, Soeharto berawal dari keinginan Istri dari Mantan Presiden RI, Hj Siti Hartinah atau yang lebih dikenal Tien Soeharto. 

 

Keinginan membangun masjid yang megah dan indah itu juga, terucap dari Tien Soeharto saat berada di Kota Suci Mekkah. Sebelum akhirnya, Tien Soeharto meninggal dunia. 

BACA JUGA:

Pembangunan masjid ini kemudian diwujudkan atas inisiasi anak-anaknya sebagai bentuk kecintaan terhadap orang tuanya. Karena setelah ibunya meninggal dunia, anak-anaknya membentuk yayasan Ibu Tien Soeharto

 

Untuk diketahui bahwa Masjid At-Tin dibangun pada tahun 1997 dengan arsitektur Turki yang indah. Tempat ini terletak di kompleks TMII, tepatnya di Jalan Taman Mini I, Pinang Ranti, Makasar, Jakarta Timur. Masjid tersebut berdiri di atas lahan seluas 70.000 meter persegi dan diresmikan pada tanggal 26 Desember 1999 lalu. 

Impresi yang tenang dan elegan dari Masjid At-Tin dapat diperkuat oleh desain arsitekturnya yang mengagumkan. Masjid ini didesain oleh Fauzan Noeman dan Achmad Noeman yang belakangan diketahui adalah ayah dan anak. 

BACA JUGA:

Buah karya dari mereka adalah sebuah masjid modern yang mengusung gaya arsitektur Turki dengan sebuah kubah tunggal yang besar di atas atapnya. Di sisi lain, pada bangunan Masjid Terdapat juga empat menara tinggi yang mengelilingi bangunan utama Masjid At-Tin di keempat sudutnya.

 

Kemudian tiang-tiang yang tinggi mendukung struktur bangunan ini ditambah ornamen geometris yang menghiasi dinding semakin menambah keanggunan Masjid At-Tin. Ruang shalat dalam masjid ini terdiri dari dua lantai, mampu menampung sekitar 25.850 jemaah. Selain ruang shalat, Masjid At-Tin juga dilengkapi dengan fasilitas ruang serbaguna dan perpustakaan.

Di bagian depan atau sisi timur masjid, terdapat sebuah taman yang luas yang dihiasi oleh beberapa pohon kurma yang mengelilingi sebuah plaza berbentuk lingkaran yang terbuat dari marmer coklat. 

BACA JUGA:

Masjid At-Tin didirikan atas gagasan dari keluarga Presiden kedua Republik Indonesia, Soeharto. Ibu negara pada saat itu, Raden Ayu Siti Hartinah alias Ny Tien Soeharto, memiliki keinginan untuk membangun sebuah masjid yang mengagumkan di Indonesia. 

Sumber: