Ada Harapan Bu Tien Soeharto Dibalik Megahnya Masjid At-Tin

Ada Harapan Bu Tien Soeharto Dibalik Megahnya Masjid At-Tin

Masjid At Tien-Ist-

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM - Tahukah kamu? dibalik megahnya Masjid At-Tin yang berdiri di Kompleks Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur ada harapan Hj Siti Hartinah atau yang lebih di kenal dengan Tien Soeharto yang merupakan Istri Mantan Presiden RI Soeharto. 

 

Pembangunan Masjid At-Tin digagas oleh Keluarga Presiden Kedua RI Soeharto. Dimana saat itu, Ibu Tien Soeharto memiliki keinginan mendirikan sebuah Masjid yang megah dan indah. Bahkan niatnya membangun masjid itu belum sempat terwujud sampai Tien Soeharto meninggal atau wafat. 

 

Dimana pesan ini disampaikan anak-anaknya, bahwa ada harapan membangun sebuah Masjid megah dan indah saat berada di Mekkah sebagaimana diutarakan oleh Tien Soeharto

BACA JUGA:

 

Sekilas Pembangunan Masjid At-Tin

 

Masjid At-Tin dibangun pada tahun 1997 dengan arsitektur Turki yang indah. Tempat ini terletak di kompleks TMII, tepatnya di Jalan Taman Mini I, Pinang Ranti, Makasar, Jakarta Timur. Masjid tersebut berdiri di atas lahan seluas 70.000 meter persegi dan diresmikan pada tanggal 26 Desember 1999 lalu. 

 

Impresi yang tenang dan elegan dari Masjid At-Tin dapat diperkuat oleh desain arsitekturnya yang mengagumkan. Masjid ini didesain oleh Fauzan Noeman dan Achmad Noeman yang belakangan diketahui adalah ayah dan anak. 

 

Buah karya dari mereka adalah sebuah masjid modern yang mengusung gaya arsitektur Turki dengan sebuah kubah tunggal yang besar di atas atapnya. Di sisi lain, pada bangunan Masjid Terdapat juga empat menara tinggi yang mengelilingi bangunan utama Masjid At-Tin di keempat sudutnya.

 

Kemudian tiang-tiang yang tinggi mendukung struktur bangunan ini ditambah ornamen geometris yang menghiasi dinding semakin menambah keanggunan Masjid At-Tin. Ruang shalat dalam masjid ini terdiri dari dua lantai, mampu menampung sekitar 25.850 jemaah. Selain ruang shalat, Masjid At-Tin juga dilengkapi dengan fasilitas ruang serbaguna dan perpustakaan.

BACA JUGA:

Di bagian depan atau sisi timur masjid, terdapat sebuah taman yang luas yang dihiasi oleh beberapa pohon kurma yang mengelilingi sebuah plaza berbentuk lingkaran yang terbuat dari marmer coklat. 

 

Masjid At-Tin didirikan atas gagasan dari keluarga Presiden kedua Republik Indonesia, Soeharto. Ibu negara pada saat itu, Raden Ayu Siti Hartinah alias Ny Tien Soeharto, memiliki keinginan untuk membangun sebuah masjid yang mengagumkan.

 

Meskipun niat tersebut belum sempat terwujud hingga ia wafat, pembangunan masjid akhirnya diinisiasi oleh anak-anaknya. Ini adalah bentuk cinta dari anak-anak kepada Ny Tien Soeharto.

Sumber: