Pejuang Beasiswa Wajib Baca! Ini Cara Jawab Pertanyaan Saat Wawancara Beasiswa

Pejuang Beasiswa Wajib Baca! Ini Cara Jawab Pertanyaan Saat Wawancara Beasiswa

Magang Sandia: Sandia/Magang CE - kegiatan tanya jawab peserta beasiswa di IAIN CURUP--

PENDIDIKAN, CURUPEKPRESS.COM – Hallo pejuang beasiswa dimana pun berada. Untuk beasiswa tertentu, tahap wawancara adalah tahapan akhir yang menjadi acuan penentu. Apakah anda dapat dinyatakan lolos atau tidak. Sering kali sebagian orang merasa terjebak dan kebingungan dengan pertanyaan sederhana dari pihak yang mewawancarai.

Pertanyaan menjebak tersebut diberikan agar pemberi beasiswa yakin, bahwa anda layak untuk menerimanya. Tentu, bagi para calon penerima harus benar benar mempelajari materi yang kemungkinan akan ditanyakan, serta mempersiapkan diri agar tidak terlihat kelabakan dalam menjawab.

Berikut 3 pertanyaan wawancara yang sederhana dan bagaimana cara menjawabnya :

• Apa rencana kamu 5 tahun ke depan?

Jawaban yang tepat ialah dengan menggambarkan langkah anda di tiap tahunnya secara logis dan jelas ya, contoh nya : “ Baik, terimakasih bapak/ibu atas pertanyaannya. Jadi untuk rencana 5 tahun ke depan, untuk 1-2 tahun ke depan saya akan mengembangkan diri melalui berperan aktif dalam kegiatan organisasi di kampus dan ikut serta dalam kepanitiaan di project tertentu. Yang mana hal ini dilakukan untuk mengumpulkan beragam pengalaman.

Kemudian di tahun 3-5 saya akan fokus dengan perkuliahan saya dengan mengikuti penelitian, perlombaan atau pun progran magang di perusahaan ternama. Di tahun selanjutnya 4-5 pastinya saya akan mematangkan persiapan diri untuk melangkah di jalur S2 dengan mengejar kesempatan Beasiswa seperti LPDP atau beasiswa lain yang tertuju untuk para pejuang S2.”

BACA JUGA: Ini Tujuan Bea Siswa Yayasan Supersemar Tien Soeharto

• Coba kamu jelaskan kelebihan apa yang kamu miliki ?

Biasanya pertanyaan seperti ini akan membuat anda bimbang, karena anda takut dikira sebagai orang yang sombong jika terlalu detail menjelaskan kelebihan. Begitupun sebaliknya jika ditanya perihal kekurangan, menjelaskan detail kekurangan akan dikira anda tidak memiliki soft skill atau kemampuan anda tidak dapat untuk diterima.

Sebenarnya pertanyaan ini diberikan karena pihak pemberi beasiswa ingin mengetahui apakah anda telah mengenal diri sendiri  secara dalam. Dan apapun itu jawaban anda tidak akan ada penilaian benar atau salah, karena itu tentang diri sendiri dan hanya anda yang mengetahuinya. 

Pastikan jawaban anda tidak subjektif, jawaban yang baik yaitu objektif dan telah ada yang menilainya. Contohnya : “Saya memiliki kelebihan yaitu, mampu mengerjakan projek editan dengan baik, dan Alhamdullilah telah ada karya yang saya edit dan pernah  masuk ‘Top 5 Karya kreatif’ yang diselenggarakan oleh PT. Sejahtera tahun 2022.” Dengan begitu pihak yang mewawancarai dapat mempercayainya karena terdapat bukti. 

Dan terakhir sesuaikan kelebihan dengan bagian yang ada pada beasiswa tersebut. Namun hal ini dapat digunakan jika beasiswa yang anda pilih memiliki forum penerima beasiswa yang dibentuk dengan beberapa devisi.

BACA JUGA:40 Mahasiswa IAIN Curup Terima Beasiswa BI, Besarannya Rp 6 Juta per Semester

• Kenapa kami harus memilih kamu untu beasiswa ini?

Sumber: