40 Mahasiswa IAIN Curup Terima Beasiswa BI, Besarannya Rp 6 Juta per Semester

40 Mahasiswa IAIN Curup Terima Beasiswa BI, Besarannya Rp 6 Juta per Semester

Potret 40 Mahasiswa penerima baru Beasiswa Bank Indonesia-Sandia/ Magang CE -


Kegiatan mahasiswa penerima beasiswa BI.-Sandia/ Magang CE -

CURUPEKPRESS.COM – Sebanyak 40 mahasiswa IAIN Curup menerima beasiswa Bank Indonesia (BI) tahun 2023. Beasiswa tersebut berupa bantuan akademik kepada 40 Mahasiswa terpilih di kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup. Mahasiswa terpilih sebanyak 40 orang tersebut  telah melalui tahap administrasi dan seleksi wawancara secara langsung oleh pihak Bank Indonesia

Disampaikan oleh Dr Fakhruddin S.Ag M.Pd.I sebagai Pembina Forum Penerima Beasiswa BI atau dikenal dengan sebutan GENBI (Generasi Bank Indonesia). Beasiswa Bank Indonesia sendiri telah ikut berkontribusi terhadap akademik mahasiswa IAIN Curup sejak 5 tahun yang lalu hingga sekarang. 

Besaran beasiswa yang diberikan oleh pihak Bank Indonesia sekarang berada di nominal 6.000.000 untuk tiap mahasiswa tanpa adanya potongan. “Sebelumnya nominal yang didapatkan 4.000.000 kemudian tahun 2021 mengalami perubahan yang naik menjadi 6.000.000,” katanya.

Untuk penyaluran dana terhadap penerima baru 40 mahasiswa beserta 10 mahasiswa penerima lama,  telah disalurkan melalui rekening penerima.

BACA JUGA:Ini Daftar Mahasiswa IAIN Curup Penerima Beasiswa KIP Kuliah 2023

BACA JUGA:4 Mahasiswa jadi Lulusan Terbaik Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Curup

Dikatakan oleh Pembina GENBI untuk peserta yang mendaftar itu ada 1 ½ kali lipat  jadi ada sekitar 80 peserta dan kemudian di seleksi. Untuk sistem penerimaaan Beasiswa Bank Indonesia dijelaskan bahwa pihak IAIN Curup  menyiapkan daftar mahasiswa berdasarkan kriteria yang dibuat oleh BI. Serta penerimaannya didukung berdasarkan rekomendasi prodi, dan dilanjutkan dengan semua berkas langsung dikirim ke pihak penyelenggara, Bank Indonesia (BI).

Disampaikan juga bahwa lulusnya 40 Mahasiswa penerima beasiswa, tidak ada intervensi atau campur tangan pihak IAIN Curup. Semuanya dari pihak penyelenggara-lah yang menentukan baik itu kelulusan termasuk sistem wawancara yang telah terlaksana kemarin.

Untuk kuota penerima itu berasal dari 4 prodi yaitu Matematika, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah.

Agenda setelah penerimaan mahasiswa tersebut, akan dilanjutkan dengan dibentuknya kepengurusan baru, yang sebelumnya para penerima beasiswa BI telah melaksanakan kegiatan Bersih-bersih yang dilaksanakan di Bukit Kaba.

 

Sumber: