TMII Pernah Ditutup Beberapa Kali, Ini Informasi Lengkapnya

 TMII Pernah Ditutup Beberapa Kali, Ini Informasi Lengkapnya

Screenshot ig @alivikry bangunan keong mas yang ada di TMII. -ist-

 

CURUPEKSPRESS.COM - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan salah satu destinasi wisata terfavorit yang berada di Jakarta. Objek wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara, khususnya di akhir pekan atau hari libur nasional tidak pernah sepi.

Namun tahukah kamu? TMII yang digagas oleh Ibu Tien Soeharto ini kala itu pernah ditutup sementara pengoperasiannya.

TMII saat itu ditutup pada tahun 2020, karena adanya pandemi Covid-19 yang sempat melanda dunia termasuk Indonesia. Sehingga destinasi wisata peninggalan Ibu Tien Soeharto ini pernah benar-benar sepi dari wisatawan, untuk menghindari penyebaran virus Covid-19 yang kala itu sangat tinggi tingkat penyebarannya.

Tapi faktanya, bukan hanya itu saja TMII hasil gagasan Ibu Tien Soeharto itu pernah ditutup. Sekitar tahun 2016 silam, pihak pengelola juga pernah menutup TMII selama seharian penuh. Karan waktu itu pihak pengelola melakukan pembersihan dan memperbaiki beberapa fasilitas.

Dan hal yang tidak disangka justru pengelola TMII mendapat banyak komplain yang datang dari para wisatawan mancanegara. Tetapi komplain tersebut justru ditanggapi positif oleh pihak pengelola. Hal ini menandakan bahwa antusias para wisatawan untuk mendatangi TMII cukup besar dan tinggi.

Kemudian pada tahun 2022 lalu, TMII yang kini statusnya telah diambil alih oleh pemerintah dari tangan keluarga cendana Ibu Tien Soeharto, juga pernah ditutup sementara karena pada saat itu pihak pengelola melakukan revitalisasi.

Kawasan TMII mulai direvitalisasi usai diambil alih Kementerian Sekretariat Negara pada Juli 2021 lalu dan kemudian diserahkan kepada PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko sebagai BUMN pengelola destinasi wisata berbasis cagar budaya. Sementara anggaran revitalisasi TMII mencapai Rp 1,14 triliun.

Namun kini TMII peninggalan Ibu Tien Soeharto itu sudah tampak lebih cantik dengan tampilan barunya. Dan tentu akan semakin memanjakan para wisatawan yang datang ke TMII. TMII merupakan taman wisata yang bertemakan budaya Indonesia.

BACA JUGA: Beli Tiket Masuk TMII Bisa Via Online Juga Lho, Berikut Caranya

BACA JUGA:Jejak Sejarah Tien Soeharto: Perjalanan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang Penuh Tantangan

Ini karena dalam proses mulai dari penemuan ide, gagasan, arsitektur hingga pembangunannya ini ada keterlibatan langsung dari istri Presiden RI yang kedua Ibu Tien Soeharto.

Yang mana, Ibu Tien Soeharto merupakan seorang wanita yang sangat mencintai budaya dan kekayaan alam yang dimiliki Indonesia. TMII ini sendiri berlokasi di Jl Taman Mini Indonesia Indah, Ceger, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur.

Mengapa TMII dibuat dan didesain dengan tema budaya Indonesia?

Sumber: