Ini Alasan Kenapa Harus Jadi Guru Penggerak ?

Ini Alasan Kenapa Harus Jadi Guru Penggerak ?

ilustrasi-ist-

3. Belajar dalam kelompok terbimbing, terstruktur, dan Menyenangkan.

Para CGP akan belajar mandiri di mana saja dan kapan saja di sela aktivitas mengajar. Kendati belajar mandiri, CGP bisa tetap belajar secara sistematis. Di samping itu, ada kelompok dengan pembimbing dan suasana yang mendukung pembelajaran

4. Pertukaran Pengalaman CGP

Program Guru Penggerak memungkinkan pertukaran praktik baik dan studi kasus antar-CGP selama pendidikan bersama. Para guru CGP dari berbagai daerah peserta program juga dapat bertukar ilmu dan pengalaman selama pelatihan berlangsung.

5. Bimbingan 

CGP akan mendapat pelatihan dan bimbingan dari pengajar praktik serta pendamping CGP. Para pengajar dan pendamping ini berasar dari widyaiswara dan pengawas sekolah yang memenuhi persyaratan Kemendikbudristek.

Pembimbing CGP bertugas mencatat perkembangan guru selama pendidikan secara daring, memberi pendampingan selama pendidikan, memotivasi, dan membantu CGP hingga selesai pendidikan.

6. Mendapat komunitas belajar baru 

Guru Penggerak memungkinkan terbentuknya komunitas belajar baru antara guru penggerak, pengajar, dan pembimbing dari berbagai latar belakang dan pengalaman di berbagai daerah. Karena itu, Guru Penggerak juga memungkinkan kolaborasi antara guru dengan lebih banyak orang.

7. Mendapat Sertifikat pendidikan dan piagam.

Sebagai penunjang karier, CGP yang telah menyelesaikan Pendidikan Guru Penggerak akan mendapat sertifikat Guru Penggerak 310 JP dan Piagam Guru Penggerak. Sertifikat ini salah satunya dapat digunakan untuk melengkapi syarat menjadi kepala sekolah.

Saat ini kemendikbud Ristek telah melaksanakan  rekrutmen Calon Pengajar Praktik (CPP) dan Calon Guru Penggerak (CGP) Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 11  yang dibuka pada 9 hingg 27 Oktober 2023 nanti

Informasi lengkap dapat dilihat pada Surat Rekrutmen yang tersedia pada laman berikut: https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/unduhan/

Ayo daftarkan diri Anda dan jadilah pemimpin pendidikan Indonesia.

Sumber: