Nikmati Wisata Unik di Donggala Sulawesi Tengah

Nikmati  Wisata Unik di Donggala Sulawesi Tengah

Screnshot IG Like Donggala-ist-

 

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM - Tidak banyak yang mengetahui jika di Provinsi Sulawesi Tengah, ada objek wisata yang unik. Pusentasi atau pusat laut yang ada di Desa Limboro, Kecamatan Benawa Tengah, Kabupaten Donggala, terdapat sumur raksasa yang berdiameter 10 meter dengan kedalaman tujuh meter.

Pusat Laut Danggola ini sumur raksasa yang terbentuk secara alami dan mempunyai ukiran bebatuan. Dengan air berwarna biru jernih dan berasa asin seperti air laut.

Menurut penuturan warga setempat terdapat terowongan yang menghubungkan lubang ini ke laut. Namun hal yang menarik dan unik,  jika air di dalam sumur tidak pernah keruh meskipun banyak orang yang menggunakannya untuk berenang ataupun menyelam. 

 Cuaca khas pesisir, melihat birunya sumur laut seakan menajak untuk segera meloncat ke dalam lubang raksasa ini.  Terlebih pada lokasi ini, disediakan tangga untuk menuju ke daratan lagi bagi pengunjung yang ingin berenang di lubang ini. Untuk berenang harus dengan keahlian khusus, mengingat kedalamannya yang tak biasa.

Di lokasi yang sama terdapat pula pantai berpasir putih yang indah untuk berjemur menikmati sinaran surya yang hangat dan pepohonan yang rindang tentunya sangat sejuk untuk dinaungi saat anda berkunjung ke sana. Sehingga pada satu lokasi anda bisa menikmati seluruh keindahan laut. 

BACA JUGA: TMII jadi Destinasi Wisata Favorit Keluarga

Bukan hanya itu saja di tempat ini, ada satu sport favorit untuk snorkeling maupun diving. Sehingga anda juga bisa menikmati biota laut yang indahnya. 

Serta lokasi ini juga terdapat warung-warung makan kecil yang bisa anda cicipi masakannya, sembari bersantai dipondok - pondok kecil yang juga tersedia ditempat ini. Masyarakat setempat pun percaya bahwa air di dalam sumur ini bisa mengobati segala macam penyakit.

Maka tidak  jarang, banyak pengunjung yang membawa pulang air ini sebagai oleh-oleh. Biasanya mereka meminta tolong anak-anak setempat yang berenang di dalamnya untuk mengambilkan air.

Sumber: